3 (Tiga) Teknik Pernafasan Baca Quran

3 Teknik Pernafasan Baca Quran –  Pada artikel trik pernafasan kali ini berhubungan erat dengan teknik membaca Alquran dengan pernafasan diagfragma.  Simak uraiannya berikut ini …

3 (Tiga) Teknik Pernafasan Baca Quran

Teknik pernafasan memiliki peran penting bagi para pentilawat Al-qur’an, pasalnya para pentilawat akan dihadapkan kepada kaidah tajwid yang di dalamnya terkandung tanda kapan kita harus berhenti dan memulai bacaan (waqof dan ibtida). Hal ini telah disederhanakan oleh para ulama dengan beberapa tanda waqof, dalam istilah tajwid disebut dengan waqof ikhtiari.

Harapannya, selain akan memiliki pernafasan yang baik para pentilawat akan mampu membacakan ayat-ayat Al-Qur’an sesuai dengan wazan mad dan qoshr (keselarasan panjang dan pendek). Nah, teknik pernafasan yang cocok bagi semua qori/qoriah adalah teknik pernafasan diafragma. Dalam mempelajarinya ada 3 (tiga) teknik pernafasan yang harus dipelajari:

  1. Pernapasan dada,
  2. Pernapasan perut,
  3. Pernaasan diafragma.

Bagaimana cara berlatih pernapasan diafragma?
Untuk memulai berlatih dengan pernafasan ini, hal pertama yang harus dilakukan adalah; tariklah nafas hingga dalam dengan posisi badan tegap, tidak perlu mengangkat bahu serta badan takboleh mengejang, kemudian salurkanlah udara yang masuk dari hasil tarikan napas ke dalam perut hingga mengembung dan disimpan di dalam diafragma, lalu keluarkanlah udara bersamaan dengan suara yang melantun secara sedikit demi sedikit saja serta tidak tersandat-sandat.

Uraian di atas adalah salah satu dari 3 (tiga) teknik yang diajarkan oleh Seni Baca Alquran dengan Metode Tahajji. Selengkapnya silakan kunjungi tautan berikut: https://www.facebook.com/permalink.php?id=178684082284157&story_fbid=193718117447420. []

Menarik? Sila di-SHARE!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *