Trik Mengatur Nafas Saat Membaca Alquran

Berikut ini akan diuraikan tentang Trik Mengatur Nafas Saat Membaca Alquran.

  1. Menanamkan hobi mendengarkan dan membaca Alquran di dalam lingkungan keluarga. Agar bisa menumbuhkan hobi membaca Alquran pada diri anak, maka perlu dukungan di lingkungan keluarga. Orangtua harus mulai membiasakan membaca Alquran dengan baik dan benar (tartil) di depan anak-anak, termasuk anggota keluarga lainnya, semisal kakak. Hal ini bisa memengaruhi orang lain di dalam keluarga sehingga tertarik untuk bisa melantunkan Alquran dengan tartil.
  2. Perlu pendamping saat belajar membaca Alquran. Berdasarkan pengalaman, Muchtar Nashir di saat belajar membaca Alquran (iqra) selalu didampingi oleh sang ayah.
  3. Belajar huruf-huruf dasar bahasa Arab. Dibandingkan huruf-huruf lain, Muchtar Nashir lebih menyukai belajar sejak awal huruf-huruf dasar bahasa Arab.
  4. Trik Mengatur Nafas Saat Membaca Alquran
  5. Belajar variasi nada dalam melantunkan Alquran. Setelah merasa menguasai huruf-huruf dasar bahasa Arab, Muchtar Nashir mulai memberanikan diri untuk belajar menguasai variasi nada dalam membaca Alquran.
  6. Belajar membaca Alquran bersuara merdu dengan diulang-ulang selepas shalat Isya’. Dengan didampingi sang ibu, Muchtar Nashir membiasakan belajar melantunkan ayat-ayat Alquran selepas shaat Isya’. Cara belajarnya dengan diulang-ulang, terus-menerus hingga dirinya benar-benar menguasai lantunan ayat Alquran tersebut.
  7. Belajar mengatur nafas diafragma. Saat masih kecil, Muchtar Nashir tidak kesulitan membaca Alquran dengan suara melengking serta nyaring. Tetapi setelah kini beranjak besar, sudah harus dimulai untuk belajar mengatur nafas diafragma sebab semakin tumbuh dewasa, Muchtar Nashir mengalami perubahan pita suara. Suaranya semakin berat.
  8. Terus berlatih menguasai perubahan pita suara.

Trik Mengatur Nafas Saat Membaca Alquran di atas diperoleh dari:
http://www.alquran-syaamil.com/2013/07/7-cara-belajar-membaca-alquran-bersuara.html

Menarik? Sila di-SHARE!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *