Atasi Gugup dengan Mengatur Nafas

Suatu hari penulis menjadi nara sumber sebuah siaran radio. Takdisangka, saat berbicara takberjalan mulus, nggak fokus sampai kehabisan kata dan akhirnya gugup. Dalam kondisi gugup yang terjadi mulut mengering, jantung berdetak kencang, dan lutut pun goyah. Apabila situasi seperti ini terjadi perlu penanganan untuk memulihkan agar kondisi teratasi, bagaimana caranya?
Atasi Gugup dengan Mengatur Nafas
Atasi Gugup dengan Mengatur Nafas
Atasi Gugup dengan Mengatur Nafas
Mengatur nafas adalah satu dari beberapa hal yang di depan akan diuraikan pada saat mengatasi gugup. Ada 4 (empat) hal yang perlu dilakukan apabila Anda mengalami nervous alias gugup yaitu:
  1. Mengatur Nafas – Penuhi tubuh Anda dengan oksigen, sebab otak akan terbantu untuk bisa kembali bekerja sehingga Anda tidak akan kehilangan konsentrasi, caranya, silakan Anda menarik nafas dalam-dalam lalu hembuskan perlahan-lahan lakukan berulang-ulang.
  2. Bluff atau gerakkan badan – Tegakkan diri Anda layaknya seorang tentara; berbaris dengan bahu dan dada dalam posisi tegap, kemudian tersenyum. Buat senyuman sekalipun Anda tidak dalam keadaan bahagia tetaplah tersenyum. Hal ini akan mengelabui kerja otak kita ke arah yang lebih percaya diri. So bluff your body and smile.     
  3. Tetap menjaga tenggorokan dan mulut dalam keadaan basah – Cara paling mudah untuk tetap membuat tenggorokan dan rongga mulut basah adalah minum. Untuk itu Anda harus menyiapkan selalu air mineral kemana pun Anda pergi. 
  4. Lancarkah alirah darah dalam tubuh – Cara termudah untuk melancarkan aliran darah adalah dengan memijat dahi.

Nah, apabila keempat hal di atas sudah Anda lakukan dengan baik dan benar artinya kini Anda telah siap. Saatnya Anda kembali mempersiapkan bahan pembicaraan dan menguasai tema untuk berdiskusi. 

Itulah Atasi Gugup dengan Mengatur Nafas sebagai tips jitu untuk membangkitkan semangat hidup dan tampil senantiasa penuh dengan percaya diri – semangat mencoba! 

Menarik? Sila di-SHARE!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *