11 Orang yang Boleh Tidak Berpuasa

Bulan Ramadhhan merupakan bulan penuh pengampunan. Umat Islam menjadikan bulan ini sebagai ajang penghapusan dosa dengan melaksanakan ibadah puasa yang kesempatannya datang satu tahun sekali. Akan tetapi meskipun berpuasan itu merupakan perkara yang wajib dilaksanakan oleh umat islam di seluruh dunia, ada sekelompok orang yang tidak bisa melaksanakan puasa karena terkendala penyakit yang dideritanya.

Seperti yang dialami oleh Ari Fahrial Syam, MD.PhD,FACP – seorang pakar kesehatan. Dirinya seringkali ditanya oleh orang-orang yang tengah mengidap penyakit mengenai pelaksanaan puasa yang berhubungan dengan penyakit yang diderita oleh penanya. Seperti, “Apakah saya harus tetap melaksanakan puasa? Jika sakit apakah Islam memperbolehkan umatnya untuk tidak berpuasa?”

Guna menjawab pertanyaan seperti tersebut, Ari yang seorang Division of Gastroenterology, Department of Internal Medicine, Universitas Indonesia ini membuat daftar 11 Orang yang Boleh Tidak Berpuasa dari ‘kacamata’ medis – sebab apabila ke-11 orang ini berpuasa akan memperburuk kondisi kesehatan mereka.

11 Orang yang Boleh Tidak Berpuasa
11 Orang yang Boleh Tidak Berpuasa

Inilah 11 Orang yang Boleh Tidak Berpuasa.

  1. Penderita Alzhaimer. Bagi muslim atau muslimah yang sudah lanjut dan menderita pikun atau Alzhaimer boleh tidak berpuasa.
  2. Penderita kencing manis. Begitu pula dengan pasien kencing manis, mereka yang menderita penyakit ini biasanya gula darahnya belum bisa terkontrol, bila terkontrol pun membutuhka insulin yang tinggi lebih dari 30 U setiap harinya.
  3. Paien yang sedang di-opname di rumah sakit. Bagi para pasien yang sedang rawat-inap di rumah sakit serta dalam kondisi diinfus cairan nutrisi atau makanan, dan pasien yang sedang perawatan tranfusi darah tidak diperbolehkan untuk berpuasa di bulan Ramadhan.
  4. Penderita migrain atau vertigo. Muslim atau muslimah yang tengah menderita migrain atau vertigo yang apabila dengan berpuasa akan menambah buruk kondisi tubuhnya. Jalan satu-satunya mereka tidak berpuasa.
  5. Penderita infeksi akut. Seperti; radang tenggorokan berat, demam tinggi, diare akut, mual dan muntah.
  6. Penderita pernafasan akut. Bagi mereka yang memiliki gangguan pernafasan akut sebut saja; asma akut, penyakit paru obstruksi kronis yang berat maka tidak boleh berpuasa.
  7. Penderita gagal jantung. Begitu juga dengan penderita gagal jantung – mereka tidak diperbolehkan untuk berpuasa demi kesehatan jantungnya.
  8. Penderita maag. Para penderita penyakit ini terutama yang kondisinya akut. Mereka seringkali muntah-muntah hebat serta nyeri lambung sampai-sampai berkeringat dingin supaya tidak berpuasan di buan suci ini.
  9. Penderita kanker. Muslim atau musimah yang mengidap penyakit kanker selalu dalam kondisi perawatan dan pengobatan, mereka yang tengah menderita penyakit tersebut tidak diperbolehkan berpuasa Ramadhan.
  10. Penderita liver kronis. Mereka yang tengah menderita sakit liver kronis lanjut tidak diperbolehkan berpuasa di bulan suci ini.
  11. Penderita gagal ginjal kronis. Semua usia yang menderita penyakit ini kerap menjalani hemmodialisis cuci darah tidak boleh berpuasa di bulan suci ramadhan.

Itulah sekilas informasi kesehatan tentang 11 Orang yang Boleh Tidak Berpuasa, semoga menjadi catatan yang penting bagi kita semua.


Rujukan: http://m.liputan6.com/health/read/2253722/11-kelompok-orang-yang-tak-boleh-berpuasa

Menarik? Sila di-SHARE!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *