1.266 Hotel di Indonesia Terpaksa Tutup Akibat Corona

1.266 Hotel di Indonesia Terpaksa Tutup Akibat Corona

News Teknologi

Pernyataan 1.266 Hotel di Indonesia Terpaksa Tutup Akibat Corona ini disampaikan langsung oleh Hariyadi Sukamdani selaku Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI). Mengambil berita yang disampaikan oleh CathMeUp di dalam email yang masuk ke meja redaksi kami disebutkan, “Ada sebanyak 1.266 hotel yang terpaksa tutup akibat corona.”

Hariyadi Sukamdani selaku Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI)
Hariyadi Sukamdani selaku Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI)

Atas kondisi tersebut ada lebih kurang dari 150 ribu orang karyawan yang juga kena dampaknya. Dan restoran pun jamak yang terpaksa tutup. Agar bisnisnya tetap berjalan, tidak sedikit hotel mencoba cara lain guna mencari pendapatan seperti; menawarkan paket isolasi diri, pesan antar makanan, jasa perbaikan AC, jasa laundry hingga jasa cleaning service.

Bidang moda transportasi pun terkena dampak akibat corona ini. Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) DKI Jakarta, Shafruhan Sinungan mengatakan, “Penumpang sepi, angkutan umum yang beroperasi di DKI Jakarta jumlahnya tidak sampai 10%. Otomatis, pengusaha angkutan umum beserta timnya atau buruh harian juga kena dampak.”

Bidang lain yang terkena dampak akibat corona yaitu seni serta pariwisata khususnya dunia hiburan dan fashion. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama menyebutkan bahwa, “Devisa dari sektor wisata tahun ini kemungkinan bakal hilang sampai setengahnya.”

“Saya yakin pandemik Covid-19 berakhir pada akhir tahun.”

Begitu pernyataan presiden RI, Pak Jokowi saat memberikan arahan di rapat terbatas mengenai mitigasi dampak Covid-19 terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, langsung di YouTube channel Sekretariat Presiden, Kamis kemarin (16/4).

“Pemerintah harus meningkatkan optimisme, terlebih lagi pada sektor pariwisata. Setelah pandemik Covid-19 berakhir, pariwisata akan meningkat lagi,” Pungkas Jokowi.

Menarik? Sila di-SHARE!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.