Trik Mengatur Nafas Saat Bertanding Taekwondo

Trik Mengatur Nafas Saat Bertanding Taekwondo – Selain jogging, terdapat beberapa Trik Mengatur Nafas yang bermanfaat saat sparing dalam olahraga beladiri; Taekwondo. Sebelum artikel ini dilanjutkan. Pembaca akan kami ajak untuk mengetahui penyebab nafas kita lebih ngos-ngosan saat melakukan tanding taekwondo dibandingkan lawan, yaitu. 
  1. Disebakan oleh masalah fisik yang kurang melakukan latihan kardiovaskular;serta
  2. Disebabkan oleh psikis atau emosi, seperti; panik, marah, tegang atau takut (takut gagal, takut menanggung malu, dan lain sebagainya).

Adapun untuk masalah fisik, jalan solutif yang paling tepat adalah harus tertib melakukan latihan kardiovaskular yang baik – seperti: lari. Saat berlatih lari, hal yang perlu dicoba adalah melakukan latihan sprint dengan interval. Contoh: lakukan sprint 200 meter, dan interval istirahat 60 atau 30 detik. Lakukan 3 hingga 4 kali.

Trik Mengatur Nafas Saat Bertanding Taekwondo
Trik Mengatur Nafas Saat Bertanding Taekwondo

Apabila latihan ini dilakukan secara rutin, hal ini akan mengkondisikan tubuh kita menjadi moody sehingga saat di dalam suasana  pertarungan nampak bersemangat, hal ini perlu untuk shock therapy lawan. Hal lain yang bisa dilakukan seain dengan lari, yaitu berlatih skipping atau lompat tali. Latihan ini sangat direkomendasikan sebab bagus untuk Taekwondoin saat berelatih kekuatan kaki serta koordinasi gerak.

Untuk masalah gangguan psikis atau emosi, dapat ditemukan solusinya dengan syarat sering melakukan tanding tanpa memikirkan ‘ego’. Contoh: seorang taekwondoin yang ‘takut’atau berusaha menghindari pertarungan, atau hanya mau bertarung dengan lawan yang lebih mudah, atlet seperti itu, pada umumnya, takkan memiliki mental ‘juara’. 

Di dalam setiap latihan, perlu selalu mengingat: sikap respek atau hormat kepada kawan berlatih dan lupakan ego. Kalah atau menang tidak penting, yang utama adalah memberikan yang terbaik. Dengan semakin sering melakukan sparring, kita akan semakin terbiasa dalam situasi pertarungan sehingga pikiran kita tenang dan terkendali. 

Yang perlu sekali diperhatikan, agar saat bertarung bisa mengungguli lawan, adalah saat bertanding mengatur strategi yang bertujuan guna merencanakan serangan. Berlatih pula bagaimana mengatur tempo pertarungan. Pada waktu ‘menyerang’ harus cepat dan keluarkan napas pun dengan cepat, ingat tidak boleh menahan napas, pasalnya hal ini malah akan membuat atlit taekwondo cepat lelah. 

Pada saat lawan di luar jarak serang, buat tubuh se-rileks-mungkin dan bernapaslah dengan panjang. Perhatikan napas disaat bertarung. Karena tegang dan emosi, mayoritas dari atlit taekwondo sering menahan napas justru hal ini membuat taekwondoin menjadi cepat lelah sebab asupan oksigen ke dalam tubuh berkurang. 

Tips Sederhana Mengatur Nafas saat akan Bertanding Taekwondo adalah dengan makan gula merah sebelum bertanding, dan minum air hangat.

TIPS LAINNYA:
Agar napas tahan lama serta tidak cepat capek, seorang taekwondoin hanya perlu 2 menit setiap hari untuk melakukanya. Cara yang dimaksud yaitu; sebelum tidur, usahakan atlit taekwondo menahan napas selama 2 menit dan dilakukan secara berkesinambungan. SIlakan buktikan, atlit tidak akan mengenal capek atau ngos-ngosan saat bertanding. 

—-
Sumber: https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20120402005600AAnuhGh

Menarik? Sila di-SHARE!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *