Ayad Shaker Hanna Penganut Kristen Koptik Namun Profesinya Guru Membaca dan Menghafal Alquran

Meski Sudah Tua, Pria 80 Tahun Ini Masih Bisa Mengajar Membaca dan Menghafal Alquran Bagi Anak-Anak – Adalah Ayaad Shaker Hanna Penganut Kristen Koptik Namun Profesinya Guru Membaca dan Menghafal Alquran.
Melansir informasi yang dirilis oleh sebuah blog belum lama ini bahwa ada pemandangan yang menarik seputar menjalankan toleransi antar umat beragama. Seperti yang terjadi di Minya – Mesir. Seorang pria tua (80 tahun), Ayaad Shaker Hanna adalah penganut Kristen Koptik tetapi profesinya adalah pengajar membaca dan menghafal alquran.

Disebutkan pula bahwa Ayaad Shaker Hanna adalah sosok yang berjasa bagi warga desa Minya, Mesir. Terutama bagi anak-anak, kakek ini sudah sangat hebat mengajarkan cara membaca dan menghafal quran.

Sejak dirinya kecil, Ayaad Shaker dididik untuk faham tentang toleransi. Ayahnya waktu itu berpesan bahwa sebagai umat beragama kita tidak ada salahnya mengkaji ajaran dari agama lain, termasuk memperdalam alquran.

Sejak itulah (sat beranjak menjadi anak usia SMP-an) Ayaad mulai rajin belajar Alquran. Hingga pada 1948, ada sesesorang yang menghampirinya dan meminta untuk diajarkan membaca Alquran. Pemandangan ini membuat Ayaad semakin semangat untuk belajar Alquran (membaca dan menghafal).

Sejak semula mengajarkan membaca dan menghafal Alquran, tidak ada konflik yang menimbulkan perpecahan saat bermasyarakat. Ayaad telah diterima dengan baik oleh warga lain. Dan hingga hari ini sudah ada sekira 70 hingga 80 orang murid yang belajar kepada dirinya.

Ayad Shaker Hanna Penganut Kristen Koptik
Namun Profesinya Guru Membaca dan Menghafal Alquran 

Selain mengajarkan alquran kepada anak-anak muslim, Ayaad pun mengajarkan alkitab bagi anak-anak nasrani yang berjumlah sekitar 30 – 40 orang. Dalam pengabdiannya di masyarakat, Ayaad pun tanpa pamrih; dirinya tidak pernah menarik biaya atau tarif mengajar.

Itulah sekilas tentang peristiwa yang sangat inspiratif. Di tengah-tengah maraknya isu konflik perbedaan ternyata ada kisah yang menarik seperti yang dilakukan oleh Ayaad Shaker Hanna. Hal ini menunjukkan betapa perbedaan bukan alasan untuk tidak saling berdampingan, saling tolong menolong dan hormat-menghormati prinsip yang berbeda antara individu dengan individu lainnya. [w3/12]


SUMBER: maknawi.com/2016/12/23/kakek-kristen-ini-ajarkan-anak-muslim-baca-alquran/

Menarik? Sila di-SHARE!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *