4 Rubrik Favorit Para Pelajar Saat Membuka Surat Kabar

Surat kabar atau koran merupakan barang berisi informasi termurah yang bisa didapatkan dengan mudah sampai dengan hari ini. Dan bila kita menyebut surat kabar, apa yang terlintas di benak Anda?

Tentunya surat kabar bukanlah sesuatu yang asing di masyarakat, ada banyak informasi yang bisa diperoleh di setiap helai surat kabar atau koran tersebut. Kertas yang berisi informasi ringan hingga berat biasa tertuang dalam surat kabar. Mulai dari berita daerah, nasional hingga internasional selalu hadir di dalam surat kabar.

Ironisnya, meskipun surat kabar berisi informasi lengkap dan berharga murah tidak serta-merta menjadi sebuah barang yang diminati apalagi di kalangan anak muda. Padahal tidak jarang dalam sebuah surat kabar terdapat rubrik yang ditujukan untuk segmen anak muda yang notabene para pelajar.

Bahkan perlu diakui bila dengan banyak membaca surat kabar mampu membuat pembacanya menjadi lebih percaya diri karena mengetahui banyak hal dan dapat berpikir kritis. Selain menambah wawasan dengan membaca surat kabar, pembacanya mampu membuka mata dengan peristiwa aktual dan fenomena yang terjadi di sekelilingnya.

Dengan membaca berita-berita yang tersaji di dalam surat kabar akan ada jamak nilai yang bisa menjadi pelajaran dalam menjalani kehidupan. Hal ini dapat membuat pembacanya menjadi lebih peka dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Terutama kepedulian terhadap sesama.

Selain itu, dengan banyak membaca surat kabar, maka akan menambah perbendaharaan kosakata atau jargon dan beberapa istilah baru. Sebab biasanya, saat membaca surat kabar akan dijumpai istilah atau kosakata yang asing atau baru kita ketahui.

Dan bila kita tidak mengetahui artinya, kita bisa langsung buka Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI. Sehingga dengan semakin banyaknya perbendaharaan kata yang dikuasai atau diketahui kita bisa dengan mudah menggunakannya di dalam pergaulan sehari-hari.

Dengan memperkaya kosakata lewat membaca surat kabar pun akan memudahkan bagi pembacanya saat akan menulis sebuah artikel, karangan atau esai. Jadi ya … Mari Membaca Surat Kabar!

Berbicara tentang pelajar yang gemar membaca surat kabar, maka timbul pertanyaan, “Rubrik apa sih yang dibacanya?”

4 Rubrik  Favorit Para Pelajar Saat Membuka Surat Kabar 

Saat dikumpulkan beberapa nara sumber dari kalangan pelajar menengah atas di Bandung, tepatnya para siswa dan siswi SMAN 3 dan SMAN 5 di Bandung – terkumpul beberapa jawaban. Jawaban-jawaban ini dapat menjadi sampling rata-rata; rubrik yang dibaca oleh para pelajar saat membuka surat kabar.

[1] Rubrik Olahraga

Beberapa siswa menjawab rubrik olahraga yang menjadi prioritas utama saat mengawali membaca surat kabar. Seperti kata Muhammad Akmal – pelajar dari SMAN 3 Bandung. Menurutnya, “Saya masih suka baca koran, dan bacaan yang pertama kali saya buka adalah olahraga.”

“Menurut saya (Akmal-red), dengan banyak membaca surat kabar bisa menambah wawasan, apalagi bagi anak muda. Mungkin lain kali saya akan lebih sering rubrik selain olahraga.”

[2] Rubrik Otomotif

Berbeda dengan Akmal, Farrell Meizar – seorang pelajar pria kelas X IPS 2 SMAN 3 Bandung ini menyebut Rubrik Otomotif – saat ditanya tentang rubrik yang pertama kali dibaca saat membuka surat kabar.

“Saya sih membaca surat kabar sesekali aja. Itu pun saya hanya membaca tentang otomotif saja,” ujar Farrell kepada tim Teenager koran Tribun Jabar.

“Membaca koran sebenarnya akan menambah wawasan yang luar biasa di luar mata pelajaran sekolah,” tambah Farrell.

[3] Rubrik Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

“Rubrik yang saya baca sih nggak ada patokannya,” kata Karina Anindhita – siswi kelas XI B SMAN 5 Bandung ketika ditanya soal rubrik yang disukai saat membaca surat kabar. Lain halnya dengan jawaban dari Iqbal Muhammad Usman – siswa kelas XI IPS SMAN 5 Bandung.

Menurut Iqbal, “Saya baca rubrik tentang Teknologi. Emang sih saya nggak terlalu sering baca koran. Karena saya sering buka informasinya di Internet via gagdet.”

“Menurut saya, membaca koran itu perlu ya sebab akan menambah wawasan. Selain koran fisik juga kita bisa membacanya via handphone (surat kabar online -red).”

[4] Rubrik Sepakbola

Olahraga memang menjadi bahan paling banyak dipergunakan oleh penerbit surat kabar dalam rangka menarik minat pembacanya, apalagi rubrik atau berita tentang sepakbola baik dalam dan luar negeri. Seperti yang dirasakan oleh Naufal Febryan – siswa kelas XI A SMAN 5 Bandung.

Menurut Naufal, “Saya suka sekali membaca koran apalagi tentang sepakbola. Terutama kalau dalam beritanya membahas tentang klub sepakbola favorit saya,” tegas Naufal.

“Saya sangat suka sekali dengan Arsenal. Lewat surat kabar takjarang saya mencari perkembangan soal klub favorit saya ini,” pungkas Naufal. [|]

Menarik? Sila di-SHARE!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *