Segera Konsultasikan Alergi Bayi Anda Saat Terdapat Gejala Alergi Protein Susu Sapi

Jika bayi mulai mengkonsumsi susu formula sebagai makanan tambahan pendamping ASI dan Anda mencurigai adanya kondisi alergi susu sapi yang dialami oleh bayi. Oleh karena itu, Anda jangan menunda untuk segera konsultasikan alergi tersebut ke dokter anak yang Anda percayai.

Menemui ahli medis memang sangat disarankan bagi bayi yang mengalami alergi. Agar Anda bisa mendapatkan penjelasan detail tentang kondisi si kecil, Anda bisa menggali informasi tentang bagaimana cara mengantisipasi kondisi alergi ini ke depan. Selain itu, Anda pun harus mengetahui bagaimana cara agar tetap bisa menjaga asupan nutrisi untuk bayi walaupun tidak lagi bisa mengkonsumsi susu formula.

Saat dalam masa konsultasi, biasanya dokter akan menanyakan tentang sejarah alergi ini dalam keluarga Anda dan juga akan melakukan pemeriksaan langsung terhadap bayi Anda.

Setelah itu akan dilakukan beberapa pemeriksaan laboratorium yang akan melibatkan pemeriksaan terhadap fesses, darah serta sebuah tes yang disebut Desensitisasi.

Desensitisasi adalah sekelompok kecil susu sapi sebagai allergen akan dimasukkan ke bawah kulit si bayi untuk bisa melihat seberapa besar dosis allergen tersebut dapat mempengaruhi anti body tubuh bayi Anda.

Segera Konsultasikan Alergi Bayi Anda Saat Terdapat Gejala Alergi Protein Susu Sapi

Bila hasilnya positif bayi menderita alergi protein susu, maka sebaiknya Anda mengambil langkah-langkah berikut ini:

  • Hentikan pemberian susu sapi formula juga produk-produk olahan dari bahan yang sama seperti bubur susu dan sejenisnya.
  • Bila bayi masih minum ASI, maka ibu juga harus menghentikan konsumsi susu sapi dan produk olahannya untuk menghindari protein susu bercampur dengan ASI dan memicu alergi pada bayi.
  • Sebagai pengganti asupan nutrisi protein susu, maka berikan susu berbahan dasar kedelai atau soya. Jenis susu ini mengandung isolat protein susu kedelai yang dinilai lebih aman bagi bayi yang mengalami alergi susu dan memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tumbuh kembang bayi sehingga kebutuhan nutrisi si kecil tetap dapat dipenuhi. Produk susu SGM Soya Presinutri adalah contoh produk susu dengan kandungan isolat kedelai yang baik bagi bayi dengan alergi.

Keputusan untuk segera konsultasikan agar pemahaman alergi yang benar ke dokter adalah salah satu langkah terbaik yang dapat dilakukan orang tua sebagai bentuk antisipasi terhadap bahaya yang bisa mengancam kesehatan bayi yang menderita alergi protein susu sapi. [w4/01_iBM]

Menarik? Sila di-SHARE!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *