5 Langkah Sederhana Meningkatkan Fungsi Internet bagi Pelaku UKM

5 Langkah Sederhana Meningkatkan Fungsi Internet bagi Pelaku UKM – Perkembangan dunia jaringan sinyal internet sangatlah dinamis. Bahkan bisa dibilang begitu cepat peningkatan dari teknologi tersebut. Hal ini berdampak pada gadget yang selama ini dipergunakan oleh jamak masyarakat, ponsel misalnya.

Dengan kecanggihan jaringan sinyal internet seperti sekarang, penggunanya bisa leluasa memilih perangkat untuk berselancar di dunia maya. Mulai dari desktop, tablet hingga ponsel pintar hari ini bisa mengakses internet.

Karena itulah -saat ini- banyak sekali vendor-vendor ponsel ternama menawarkan teknologi 4G LTE pada setiap produk teranyar mereka.

Menyikapi kondisi seperti ini, pengguna internet harus peka dengan perkembangan teknologi informasi serta komunikasi ini. Termasuk para pelaku UKM.

Dari sebagian pengalaman mendampingi pelaku UKM bisa dilihat; ada sebagain yang merasa nyaman dengan perjalanan usahanya sehingga tidak membutuhkan yang namanya pemanfaatan internet – ada juga sebagian lagi merasa perlu memanfaatkan internet guna memperkaya cara bisnis yang dilakukannya.

Pelaku UKM saat ini bisa dengan mudah menggunakan website serta sosial media yang bisa dibuat dengan mudah. Internet sudah menyediakannya mulai dari website atau blog gratisan sebut saja; blogspot atau wordpress. Atau sosial media, mulai dari Facebook, Twitter hingga Instagram bahkan membuat kreasi video di kanal YouTube. Apalagi dengan dukungan sinyal atau frekuensi tercanggih seperti 4G LTE.

Mari kita ulas sebentar tentang 4G LTE. Melansir informasi yang diberikan oleh Wikipedia, “4G LTE merupakan akronim dari Fourth Generation Long Term Evolution.” Yang mana jaringan 4G LTE berkapasitas lebar pita (bandwidth) 10 kali lebih besar daripada jaringan 3G. Tentu saja kecepatan akses data jaringan 4G menjadi lebih cepat daripada jaringan 3G.

5 Langkah Sederhana Meningkatkan Fungsi Internet bagi Pelaku UKM

Kembali ke pembahasan artikel kali ini, penulis mengajak mari sebagai pelaku usaha sekelas UKM kita sama-sama ‘naik kelas’ dengan memanfaatkan internet.

Dengan terbiasa memanfaatkan website dan sosial media maka semua ini akan berdampak positif -salah satunya kita bisa dengan mudah ketika menjajakan produk atau jasa kita di marketplace baik lokal maupun internasional di internet.

Kultur jual beli online hari ini sudah semakin populer, karenanya mari kita coba mengenal dan menjadi pemain di dalamnya. Saat ini pun penulis selalu memanfaatkan komponen tersebut untuk menjual Madu Tropis Brazil atau Alquran. Sehingga tidak saja mengandalkan pasar konvensional (offline) saja.

Untuk Anda yang bergerak di bidang fashion, carilah marketplace yang khusus fashion, begitu pula bagi pelaku UKM lain semisal kerajinan tangan, makanan ringan atau camilan – bisa memanfaatkan  internet.

Nah, di era digital seperti sekarang, pemanfaatan internet sudah menjadi sebuah keharusan dalam menjalankan roda bisnis. Pelaku UKM bisa melakukan upaya sederhana seperti berikut ini:

[1] Promosi 

Bagi Anda yang memiliki produk atau jasa lantas merasa kurang maksimal penghasilannya. Hal ini disebabkan karena belum tepat sasaran dan minim promosi. Maka manfaatkanlah marketplace yang ada di Internet, seperti; Kaskus, Elevenia, Tokopedia atau Bukalapak. Anda coba unggah produk atau jasa yang Anda kelola pada marketplace tersebut.

Apabila sudah mulai terasa manfaatnya, Anda bisa mempelajari teknik marketing lanjutan yang bisa dilakukan – seperti pemanfaatan Facebook Ads.

Dengan Facebook Ads kita bisa dengan mudah memantau perkembangan promosi apakah sudah tepat sasaran atau belum. Karena penggunanya bisa mengatur usia, lokasi, jenis kelamin pelanggan yang menjadi target pasar produk atau jasa yang kita kelola.

[2] Kemasan

Dalam menjalankan bisnis online, tentunya kita pun menjadi faham dengan sepak terjang yang dilakukan oleh kompetitor, bukan? Nah, cobalah Anda lakukan diferensiasi alias melakukan perbedaan.

Tujuannya agar produk Anda terkesan unik beda dengan yang lain – termasuk soal kemasan. Dampaknya akan sangat baik, orang lain atau pelanggan akan mengingat produk kita karena lain daripada kebanyakan yang lebih memilih sama saja dalam mengemas produk atau jasa mereka.

[3] Branding

Setelah memiliki kemasan yang berbeda – yang terjadi adalah promosi gratis. Karena dengan sendirinya, bila pelanggan merasa puas dengan produk atau jasa maka ia akan membagikan informasi ini di sosial media yang mereka miliki; bisa di facebook, twitter atau di instagram.

Tanpa perlu anggaran tambahan untuk promosi alias gratis. Bila ini kerap terjadi dan dilakukan oleh banyak pelanggan lambat laun akan melahirkan branding. Karena orang akan terus menerus mengingat produk dan tertanam di benak mereka.

Untuk itu dalam membangun merek, identitas yang dimunculkan tidak jauh berbeda dengan yang selama ini dikemas.

[4] Blog atau Website 

Langkah selanjutnya adalah membangun blog atau website. Blog atau website merupakan komponen yang penting dalam memanfaatkan internet bagi UKM. Penulis dalam menjalankan bisnis online pun memiliki website atau blog. Untuk apa sih blog atau website?

Kita bisa memanfaatkan website sebagai identitas dari bisnis yang kita jalankan. Anda bisa memasukkan profil usaha kita, informasi produk baik foto atau video, alamat usaha dan kontak yang bisa dihubungi.

Bagi Anda yang baru memulai menggunakan blog atau website bisa memulainya dengan memilih blog gratisan terlebih dahulu. Ada banyak blog gratis di internet, seperti: blogspot, wordpress, tumblr dan lain-lain.

Selain itu di dalam blog pun kita bisa membuat katalog. Saran terbaik, ketika membuat katalog – usahakan foto yang dipergunakan adalah foto yang baik atau berresolusi tinggi (hi res), keterangannya pun jelas dan detil (ukuran, berat dan harganya).

Dalam rangka mempercepat tindak lanjut transaksi (call to action) maka sertakan pula contact person yang bisa dihubungi oleh pelanggan – misalnya telpon rumah atau kantor, chat via LINE atau Whatsapp, Blackberry. Jangan lupa untuk merekam semua hal positif yang bisa menjadi portfolio bisnis yang sedang kita jalankan.

Contoh-contoh testimonial dikumpulkan menjadi arsip yang bernilai (portfolio): 

Testimonial mengenai rasa dari Madu Tropis Brazil [dok. pri]

Testimonial mengenai kiriman Madu Tropis Brazil sudah sampai [dok. pri]

Testimonial mengenai memesan Madu Tropis Brazil guna penyembuhan  [dok. pri]

Seperti; ungkapan informasi barang telah sampai, atau kepuasan pelanggan dengan produk yang kita yang sudah mereka beli dan lain-lain. Semua itu bisa ditampilkan kembali dan ditampilkan pada blog yang kita punya.

[5] Daftarkan Produk atau Jasa di Google Bisnis

Terakhir yang tidak kalah penting, usai kita melakukan langkah-langkah yang tersebut di atas adalah mendaftarkan produk atau jasa yang kita kelola di Google Bisnis. Ini menjadi penting karena saat ini orang bisa dengan mudah mencari alamat produk yang dicarinya.

Mereka tinggal menggunakan mesin pencari Google kemudian mengetikkan, “Penjual Madu Asli Terdekat?” (ini contoh saja). Bisa juga pakai voice, ok Google 🙂

Daftarkan Produk atau Jasa di Google Bisnis
Daftarkan Produk atau Jasa di Google Bisnis

Maka selanjutnya Google akan merekomendasikan beberapa alamat yang menjual madu tersebut. Nah, apabila produk kita tidak didaftarkan atau belum terdaftar maka pupus sudah harapan kita mendapatkan pelanggan.

Lain halnya bila kita mendaftarkannya di Google Bisnis, kemungkinan orang berbelanja dan memilih produk kita menjadi semakin besar.

Well, itu saja barangkali informasi yang bisa disampaikan pada artikel kali ini – Ini semua merupakan materi yang penulis berikan saat pelatihan UKM di Bogor beberapa waktu yang lalu … Semoga bermanfaat!

Menarik? Sila di-SHARE!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *