Cara Memanfaatkan Meniran

Cara Memanfaatkan Meniran – Sebelum lebih jauh membahas tentang tanaman liar yang berguna sebagai pengaman bagi tubuh ini ada baiknya kita bahas lebih rinci, “Apa sih meniran?”

Jamak dari masyarakat Indonesia mengenal tanaman ini termasuk melihatnya. Meniran bernama latin Phyllanthus niruri L. Tanaman ini kerap sekali tumbuh secara liar di wilayah yang beriklim tropis seperti di Indonesia.

Tanaman meniran memiliki batang pohon yang tumbuh tegak sekira 50 cm dengan daunnya yang menyirip berbentuk lonjong. Tanaman ini tergolong herbal dengan mengandung zat kimia yang bervariatif.

Zat kimia yang terkandung dalam meniran sangat bermanfaat bagi tubuh, seperti; flantin dan hipoflantin. Kedua zaat kimia ini berguna sebagai pelindung sel hati dari berbagai ancaman zat toksik (racun).

Tanaman herbal meniran memiliki rasa yang sedikit pahit, namun ia pun memberikan sensasi yang menyejukkan dan mempunyai sifat astringen, yaitu; mengecilkan pori-pori. Fungsi lain dari meniran adalah peluruh air seni (diuretik) dan penurun panas.

tumbuhan herbal meniran
Cara Memanfaatkan Meniran [internet]

Cara Memanfaatkan Meniran

DR. Raymond R. Tjandrawinata, Ph.D., MS, MBA pernah menyebutkan bahwa meniran sangat bermanfaat guna meningkatkan sistem imun.

“Dengan sistem imun yang baik maka mekanisme pertahanan tubuh dalam melawan bakteri, virus, kuman, jamur, dan racun menjadi lebih efektif,” tegas doktor Raymond.

Begitu pula menurut dr. Zakiudin Munasir, Sp.AK, seorang ahli pediatrik imunologi dari Bagian Anak Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta. Zakiudin pernah melakukan serangkaian penelitian dan terbukti bahwa ekstrak meniran memang membantu meningkatkan kecepatan penurunan demam pada anak penderita infeksi saluran pernafasan atas atau ISPA.

Cuaca ekstrim takjarang dinilai sebagai penyebab menurunnya sistem kekebalan tubuh atau daya tahan tubuh. Padahal penurunan daya tahan tubuh bisa disiasati dengan hal yang sederhana dan alami yaitu dengan tanaman herba meniran.

Bisa disimpulkan kalau meniran memiliki kemiripan fungsi dengan seorang sekuriti alias satpam. Artinya tubuh manusia mempunyai aparat yang selalu siap siaga terhadap ancaman yang dinamakan dengan sistem kekebalan tubuh.

Cara Memanfaatkan Meniran

Sayangnya, dalam kondisi tertentu imunitas tubuh atau sistem imun bisa juga mengalami lemah atau loyo bahkan bisa pingsan. Nah, untuk mengembalikan ke kondisi siaga diperlukan bahan-bahan alami. Dan salah satu tumbuhan alami yang dikenal manjur guna mengembalikan kekuatan sistem imun tubuh manusia adalah meniran tentu saja.

Kembali ke topik utama artikel kali ini, bagaimana cara memanfaatkan meniran? Pembaca bisa memanfaatkannya dengan dua cara.

Cara pertama. Petik dan keringkan daun meniran lalu tumbuk dan direbus beberapa menit hingga mendidih. Kemudian airnya disaring lalu diminum. Ada beberapa kelemahan dari mengkonsumsi meniran lewat cara pertama ini.

  • Sebagian zat toksiknya memungkinkan untuk turut terserap ke dalam tubuh dan berresiko kurang baik bagi kesehatan.
  • Tanaman herbal ini memiliki sifat diuretik – artinya pengkonsumsinya akan sering buang air kecil. Frekuensi yang tinggi dari kencing berakibat tekanan darah mengalami penurunan.
  • Obat yang kita olah sendiri tersebut belum terjamin keefektifannya, pasalnya tidak adanya takaran yang baku. Kalau diasosiasikan dengan obat kimia, ada gambaran; misal penyakit demam baru bisa sembuh apabila penderitanya meminum obat penurun panas beberapa mililiter sekian kali dalam waktu beberapa hari.

Cara kedua. Pembaca tidak harus melakukan proses seperti cara pertama tapi cukup mencari produk yang sudah diolah menjadi ekstrak. Meniran yang diekstrak lewat produksi sudah jelas takarannya, siapa produsennya, bebas zat toksik dan hanya mengambil beberapa zaat imuno modulator-nya saja. Kelebihan yang bisa dirasakan manfaat dari cara kedua adalah dijual dalam bentuk kapsul dan sirup serta teruji secara klinis.

Cara Memanfaatkan Meniran

Selain itu, meniran masih memiliki manfaat lain – sebut saja; berdasarkan hasil penelitian sedikitnya ada 5 hal paling utama dari meniran.

5 Manfaat Meniran

  1. Memperkuat sistem imun tubuh.
  2. Membantu meluruhkan batu ginjal.
  3. Menurunkan tekanan darah.
  4. Membantu mengatasi hepatitis B.
  5. Mengurangi peradangan.

Itulah informasi kesehatan khususnya tentang tanaman herbal meniran – semoga bisa menambah wawasan kita seputar tumbuhan yang kaya manfaat ini. [w4/09-ini]

Menarik? Sila di-SHARE!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *