Cara Supaya Nggak Mudah Capek Waktu Main Sepakbola atau Futsal

Cara Supaya Nggak Mudah Capek Waktu Main Sepakbola atau Futsal – Artikel kali ini akan membahas seputar cara supaya stamina tetap prima (tidak berkurang) waktu main sepakbola. Pasalnya, saat bermain sepakbola dan juga futsal – kuncinya stamina.

Seorang pesepakbola atau pemain futsal hebat pun apabila staminanya melemah jangan harap mampu melanjutkan permainan dengan baik. Karena apabila stamina drop akan berakibat fatal sebut saja; hilangnya konsentrasi – Anda menjadi gagal fokus di dalam permainan serta hilangnya keefektifan dalam mengontrol bola.

Cara Supaya Nggak Mudah Capek Waktu Main Sepakbola
Cara Supaya Nggak Mudah Capek Waktu Main Sepakbola [internet]

Cara Supaya Nggak Mudah Capek Waktu Main Sepakbola atau Futsal

[1] Tingkatkan ketahanan berlari

Guna meningkatkan stamina dalam bermain sepakbola dan futsal, tambah satu lagi kegiatan olahraga Anda dengan berlalri. Lakukanlah dengan rutin, sebagai contoh; berlari sejauh 3 km sekali dalam seminggu. Lalu minggu berikutnya, Anda tambah jarak tempuh berlari dari yang asalnya 3 km menjadi 5 km. Manfaat dari berlari secara rutin ini adalah mampu meningkatkan serta menjaga stamina. Tidak itu saja, dengan berlari rutin maka otot kaki serta paha menjadi kuat sehingga bisa mendongkrak kekuatan dan daya tahan tubuh Anda.

Prakteknya, pertama Anda mulai menjadwal latihan jalan cepat yang dilanjut dengan berlari. Lalu Anda pun menjadwal olahraga cukup berjalan saja. Lalu berlari, terus begitu secara bergantian. Selain itu, dalam mempraktekkannya bisa ditambah variasi lain seperti; melakukan senam ringan guna melenturkan otot-otot tubuh.

Dalam berlari, tidak lupa Anda masukkan latihan lompat jongkok secara rutin. Lompat jongkok mampu meningkatkan kekuatan otot kaki serta paha. Saat latihan lompat jongkok, tidak usah terlalu lama waktunya tapi cukup beberapa menit saja. Perlu disadari bahwa kekuatan otot dan kaki merupakan komponen terpenting dalam menjaga stamina ketika bermain sepakbola.

[2] Berenang dan menyelam

Cara lain yang juga bisa dilakukan guna meningkatkan dan menjaga kondisi stamina tubuh atlit sepakbola dan futsal adalah dengan berolahraga air; berenang dan menyelam. Tujuan dari berenang dan menyelam agar kapasitas paru-paru menjadi meningkatkan, pernapasan dapat dengan mudah terkontrol serta olahraga ini mampu memperkuat otot-otot tubuh.

[3] Latihan tubuh bagian atas

Pada dasarnya ada 5 poin penting saat membahas latihan tubuh bagian atas dari atlit sepakbola atay futsal, yaitu:

  1. latihan untuk punggung supaya kuat.
  2. latihan utama agar terbentuk otot perut yang baik.
  3. latihan konsisten serta fokus pada tubuh bagian atas.
  4. latihan guna pembentukan tubuh mulai dari kepala hingga ujung kaki.
  5. latihan guna pembentukan bahu.
Cara Supaya Nggak Mudah Capek Waktu Main Futsal [internet]
Cara Supaya Nggak Mudah Capek Waktu Main Futsal [internet]

Cara Supaya Nggak Mudah Capek Waktu Main Sepakbola atau Futsal

Meskipun bermain sepakbola jamaknya menggunakan tubuh bagian bawah, tetap saja Anda wajib untuk menjaga kondisi tubuh bagian atas tubuh. Tujuannya supaya Anda bisa menjaga keseimbangan tubuh. Prakteknya dengan melakukan senam ringan. Mulai dengan bagian kepala, leher, pundak, punggung dada serta tangan Anda. Selain itu melakukan ini semua agar Anda bisa terus menjaga kelenturan badan.

[4] Istirahat yang cukup

Selanjutnya Cara Supaya Nggak Mudah Capek Waktu Main Sepakbola atau Futsal, yang diperukan adalah porsi istirahat yang cukup. Di sini pun Anda wajib mempunyai jadwal yang pas waktunya untuk latihan, bermain sepakbola atau futsal, tidur serta beristirahat. Termasuk bagian penting dalam melaksanakan kiat ini yaitu jangan terlalu banyak begadang serta keluar malam hari Рseperti sepele akan tetapi mampu mengganggu waktu istirahat Anda.

[5] Makan makanan sehat dan gizi yang seimbang

Langkah terakhir yang mengambil peranan penting saat melaksanakan kiat-kiat supaya tidak mudah capek saat main sepakbola atau futsal adalah menjaga serta mengontrol asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Penting untuk Anda untuk mengurangi makanan yang banyak mengandung lemak. Perbanyaklah mengkonsumsi sayuran serta buah-buahan ditambah dengan makan daging secukupnya. Selain itu Anda boleh mengkonsumsi makanan suplemen seperti vitamin dan nutrisi guna menjaga kondisi tubuh tetap baik dan prima. [w3/09-tuahlubis]


sumber: https://www.facebook.com/tuahhh/posts/595772230496522

Menarik? Sila di-SHARE!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *