5 Kiat Menjaga Kesehatan Keluarga di Musim Hujan

5 Kiat Menjaga Kesehatan Keluarga di Musim Hujan – Awal September bagi kita yang tinggal di Indonesia merupakan saat-saat terjadinya peralihan musim kemarau dan musim penghujan. Biasanya perpindahan cuaca ini menyebabkan rentannya tubuh terhadap penyakit.

Hal tersebut disebabkan tubuh kita dipaksa beradaptasi terhadap perubahan ekstrim yang terjadi. Dari cuaca yang biasa panas dan menyengat, ke kondisi cuaca yang dingin dan lembab. Beragam penyakit dapat menyerang kita di musim penghujan ini.

Umumnya penyakit yang biasa datang ketika hujan menyapa seperti, flu, batuk, demam, asma, masuk angin, pilek, bahkan demam berdarah lebih banyak menyerang di musim ini. Pasalnya, hujan yang terus menerus membuat banyak air yang tergenang dan menjadi sarang berkembang biaknya nyamuk.

5 Kiat Menjaga Kesehatan Keluarga di Musim Hujan

Lalu, bagaimana cara kita menyikapi musim penghujan agar Anda dan keluarga tetap selalu sehat dan fit? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini 5 Kiat Menjaga Kesehatan Keluarga di Musim Hujan.

[1] Menjaga Kebersihan Lingkungan

Kondisi cuaca yang hampir setiap hari hujan, menyebabkan lingkungan lebih cepat menjadi kotor, becek dan lembab. Hal ini menyebabkan sampah dan limbah mengalami percepatan dalam hal pembusukan sehingga menjadi sarang dari berbagai penyakit.

Untuk itu, sedari sekarang biasakanlah untuk membersihkan lingkungan sekitar Anda agar tempat-tempat yang menjadi sarang berkembang biaknya bakteri dan kuman dapat dibasmi. Kuburlah sampah-sampah organik di dalam tanah, tutup lubang-lubang yang dapat menjadi genangan air, menutup bak-bak mandi dan penampungan air.  Pembaca bisa melakukan cara ini secara rutin.

[2] Menjaga Asupan Gizi

Pada musim penghujan, terutama pada peralihan musim (pancaroba) sangat dibutuhkan guna menjaga asupan makanan agar tetap selalu fit. Sekadar memenuhi rasa lapar, belumlah cukup. Anda juga harus menjaga keseimbangan asupan gizi guna menunjang kegiatan Anda sehari-hari. Untuk itu, sebaiknya Anda meng konsumsi makanan yang hangat dan berkuah. Tujuannya agar kondisi keseimbangan tubuh tetap terjaga menghadapi suhu yang dingin.

5 Kiat Menjaga Kesehatan Keluarga di Musim Hujan

[3] Menjaga Mineral Tubuh

Kiat menjaga keluarga di musim penghujan selanjutnya, yaitu dengan memperhatikan kebutuhan cairan dan mineral tubuh. Memang, dalam musim penghujan ini, rasa lapar lebih mendominasi dari pada rasa haus.

Tapi bukan berarti Anda harus mengabaikan kebutuhan tubuh akan cairan. Perlu diperhatikan, jangan menunggu haus baru Anda minum. Karena, tanpa membedakan musim, tubuh tetap membutuhkan cairan yang sama setiap harinya. Jika kebutuhan mineral dalam tubuh terpenuhi, maka penyerapan makanan dan kinerja tubuh pun akan berjalan dengan baik.

Memenuhi kebutuhan cairan dan mineral dalam tubuh pun dapat meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh. Jadi pastikan, setiap hari Anda dan keluarga tetap mengkonsumi air yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan.

[4] Cukup istirahat

Musim penghujan memang membuat tubuh mudah mengantuk dan mudah lelah. Jangan mengabaikan rasa itu dengan tetap terjaga ketika tubuh memberi kode untuk beristirahat. Berikanlah waktu di siang hari untuk Anda dan keluarga untuk memejamkan mata beberapa saat dan beristirahat secukupnya.

Namun keadaan musim ini juga jangan menjadikan Anda untuk terlalu banyak beristirahat dan menghabiskan waktu untuk tidur. Karena hal ini dapat mengakibatkan otot menjadi lemas dan kaku. Selain itu, tidur yang cukup dapat memulihkan stamina dan menjaga kekebalan tubuh.

[5] Olahraga

Walaupun suasana musim penghujan sangat mendukung untuk Anda dan keluarga bermalas-malasan, namun jangan mengabaikan olahraga teratur setiap hari. Ini akan membantu untuk membuat tubuh Anda agar selalu fit dan sehat.

olahraga sebagai Kiat Menjaga Kesehatan Keluarga di Musim Hujan
olahraga sebagai Kiat Menjaga Kesehatan Keluarga di Musim Hujan

5 Kiat Menjaga Kesehatan Keluarga di Musim Hujan

Menjaga kondisi tubuh agar tetap bergerak juga dapat menjaga kekebalan tubuh. Beberapa contoh olah raga yang bisa Adan dan keluarga lakukan di rumah seperti lari di tempat, skipping, plank dan masih banyak olah raga yang tidak mengharuskan Anda keluar rumah.

Itulah 5 Kiat Menjaga Kesehatan Keluarga di Musim Hujan yang bisa Anda lakukan dalam upaya menjaga kesehatan Anda dan keluarga selama musim penghujan. Jangan lupa untuk menyediakan jas hujan dan payung ketika keluar rumah sebagai persiapan. Serta jangan pernah lupa untuk menyiapkan baju hangat kemana pun keluarga Anda akan bepergian. [w3/10-ini]

Menarik? Sila di-SHARE!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *