5 Kiat Menjaga Kesehatan untuk Ibu Hamil di Musim Hujan

5 Kiat Menjaga Kesehatan untuk Ibu Hamil di Musim Hujan – Ketika Ibu hamil, menjaga kesehatan itu sangat perlu. Karena Ibu bukan hanya memperhatikan kondisinya saja, tetapi juga kondisi janin yang ada di dalam kandungan. Tentu asupan gizi bukan hanya memperhatikan apa yang butuhkan, tetapi juga yang bayi butuhkan.

Kondisi Ibu hamil termasuk memeliki kerentanan dalan hal kesehatan. Dalam kondisi biasa saja, ada penyakit yang umum melanda seorang Ibu hamil. Seperti mudah lelah, anemia, mual, mudah stress, kekurangan cairan dan hal lain yang biasa dirasakan oleh pra Ibu hamil.

Apalagi ketika musim penghujan tiba, kerentanan terhadap penyakit semakin bertambah saja. Cuaca yang lembab dan keadaan lingkungan yang cepat kotor, membuat banyak tempat menjadi sarang kuman dan bakteri jika tidak sering-sering dibersihkan.

5 Kiat Menjaga Kesehatan untuk Ibu Hamil di Musim Hujan
5 Kiat Menjaga Kesehatan untuk Ibu Hamil di Musim Hujan

5 Kiat Menjaga Kesehatan untuk Ibu Hamil di Musim Hujan

Perubahan musim yang begitu cepat, juga menjadi alasan bagi ibu hamil mudah terserang penyakit karena lambat beradaptasi dengan cuaca. Lalu, bagaimana mengupayakan agar ibu hamil tetap bugar dan sehat selama musim hujan? Tetap bisa menjaga kondisinya dan janin yang dikandungnya? Berikut ini Kiat Menjaga Kesehatan untuk Ibu Hamil di Musim Hujan

[1] Cukupi Kebutuhan Nutrisi

Menjaga keseimbangan nutrisi dan gizi Ibu hamil sangat perlu untuk membantunya dalam menjalani hari-hari. Perkembangan bayi setiap bulannya membutuhkan segala asupan yang menjadikan Ibu bisa makan dua kali lipat dari biasanya.

Jika saja kebutuhan bayi akan nutrisi kurang, bisa jadi janin akan mengambil asupan yang seharusnya diperuntukan untuk Ibu. Hal ini lah yang menyebabkan rentannya Ibu terkena penyakit. Maka, setiap hari ibu harus benar-benar mengelola pola makannya agar kebutuhan bayi dan Ibu tetap terpenuhi.

Memilih makanan yang tepat agar terpenuhi kalori, asam folat, kalsium, protein, karbohidrat, lemak dan juga vitamin, harus benar-benar menjadi konsentrasi Ibu. Konsumsi sayur, buah-buahan, ikan, daging, kacangan-kacangan dapat menjaga kestabilan tubuh Ibu agar selalu sehat.

[2] Meminum Susu Khusus Hamil

Kebutuhan nutrisi untuk menjaga kebugaran pada saat hamil di musim hujan juga bisa di dapat dari susu yang memang diperuntukan bagi ibu hamil. Kandungan di dalam susu memang memiliki komposisi yang menunjang kesehatan Ibu dan janin, agar sistem kekebalan tubuhnya dan daya tahan tubuh selalu terjaga.

Tubuh dan kehamilan yang kuat, akan dapat melawan bakteri dan kuman yang lebih banyak berkembang di musim hujan.

5 Kiat Menjaga Kesehatan untuk Ibu Hamil di Musim Hujan

[3] Konsumsi Minuman Hangat

Mengkonsumsi minuman yang dapat mengahangatkan badan akan berguna bagi Ibu hamil. Ibu bisa mengkonsumsi jahe hangat ataupun lemon hangat. Bagi sebagian pendapat, mengkonsumsi jahe hangat dianggap berbahaya bagi Ibu hamil, karena dianggap dapat meningkatkan asam lambung yang dapat mengganggu ibu dan janin. Namun, jika dikonsumsi secara pas dan tidak berlebihan, jahe bisa dapat membantu Ibu dalam hal menjaga sistem kekebalan tubuh.

[4] Vitamin dan Suplemen

Saat hamil, kebutuhan akan asupan yang seimbang terkadang tidak bisa hanya dipenuhi dari makanan. Bahkan sebagian Ibu ada yang memilah-milah makanan yang ingin dikonsumsinya. Atau, kandungan vitamin yang didapat dari makanan sudah berkurang karena proses memasaknya, misalnya.

Jika sudah terjadi demikian, maka Ibu hamil akan sangat membutuhkan vitamin dan suplemen yang akan membantunya dalam menunjang kesehatannya. Mengurangi resiko terserang penyakit dan menjaga sistem imun tubuh.

5 Kiat Menjaga Kesehatan untuk Ibu Hamil di Musim Hujan

[5] Konsumsi Air Putih

Dalam kondisi normal saja dan dalam cuaca apapun, tubuh seseorang tidak boleh kekurangan cairan. Karena akan sangat menghambat kinerja di dalam tubuh. Apalagi pada Ibu hamil, cairan bukan sangat diperkukan oleh janin demi perkembangan dan pertumbuhannya.

Kekurangan cairan akan membuat Ibu mudah dehidrasi, lemas dan rentan terserang penyakit. Jadi, walaupun dimusim hujan rasa haus tidak selalu mendera Ibu, tetaplah banyak mengkonsumsi air putih demi kelancaran peredaran darah dan ketahanan tubuh.

Demikian beberapa upaya yang bisa Ibu hamil lakukan selama musim penghujan. Tetaplah berolahraga yang ringan agar menjaga stamina tubuh. Jangan lupa untuk menyediakan baju hangat untuk menyesuaikan kondisi cuaca yang selalu dingin dan lembab. [w3/10-ini]

Menarik? Sila di-SHARE!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *