Cara Memaksimalkan Bisnis di Internet

Cara Memaksimalkan Bisnis di Internet – Jamak sekali orang yang berpendapat kalau internet mampu meningkatkan omzet penjualan dari jasa atau produk yang dikelolanya. Hal ini tidak salah, sebab banyak sekali pengguna internet yang tergoda dan terkesan dengan cerita sukses dari pengusaha lain yang sudah lebih dahulu memanfaatkan internet untuk bisnis yang dijalankannya.

Cara Memaksimalkan Bisnis di Internet
Cara Memaksimalkan Bisnis di Internet

Namun yang benar-benar perlu difahami oleh pengusaha yang ingin juga merambah dunia maya terutama Cara Memaksimalkan Bisnis di Internet adalah menjalani prosesnya – mulai dari penguasaan teori dan praktek. Dan yang paling penting di atas kepentingan yang lainnya adalah branding.

Di awal-awal menjalankan bisnis di internet, sebagai pengusaha jangan banyak berharap bisnisnya mampu meraup untung banyak atau omzetnya meningkat. Hari ini, pengguna internet lebih suka dengan penawaran tidak langsung (soft selling). Pasalnya, sebelum orang benar-benar memutuskan untuk membeli barang atau jasa yang kita miliki – umumnya pembeli ingin tahu dulu reputasi dari barang atau jasa tersebut.

Hal yang dapat dilakukan dalam membangun reputasi bisa bercerita tentang bisnis terkait produk dan jasa yang kita jalankan saat ini. Sebab tidak sedikit dari calon pembeli yang menggali lebih dalam dari produk atau jasa yang akan dibelinya. Apabila calon pembeli sudah merasa tertarik, maka dirinya akan merasa nyaman dan selanjutnya closing.

Yang patut diketahui oleh Anda selaku pebisnis dalam softselling; ada promosi berupa penawaran gratis, diskon atau jaminan kembali uang. Tentunya ini semua bukan hal yang aneh bagi Anda yang lebih dulu melakukannya di luar internet (offline). Oleh karena itu siapkan informasi yang selengkap-lengkap tentang brand Anda ketika memulai go online.

Kita kembali pada topik utama, Cara Memaksimalkan Bisnis di Internet – pembaca, ada produk Google yang sangat ampuh untuk Anda gunakan dalam memulai bisnis. Produk Google yang dimaksud adalah:

  1. Google My Business
  2. Blogger
  3. YouTube
  4. G+

Keempat produk Google ini terintegrasi satu sama lain dan yang paling penting dari keempatnya adalah gratis.

Cara Memaksimalkan Bisnis di Internet
Cara Memaksimalkan Bisnis di Internet [ist]

Cara Memaksimalkan Bisnis di Internet

Mari kita coba ulas secara singkat satu per satu dari keempat produk gratis yang dimiliki oleh Google tersebut.

[1] Google My Business

Untuk pebisnis yang ingin memaksimalkan internet sebagai sarana memasarkan jasa atau produknya bisa menggunakan produk Google yaitu Google My Business atau Google untuk untuk Bisnisku. Mengapa kita harus menggunakan Google untuk Bisnisku? Sebab piranti ini akan menampilkan komponen utama dalam berbisnis di mesin pencarian Google.

Sementara kita tahu hampir 80% Konsumen menggunakan mesin pencari (Google) ketika mencari informasi tentang bisnis lokal (UKM). Dan dalam 1 hari 75% para calon pelanggan melakukan pencarian di smartphone mereka untuk mengunjungi bisnis terdekat.

Dengan data tersebut cukup bagi kita untuk memaksimalkan bisnis di internet, betul?

Google untuk Bisnisku membantu produk atau jasa dari bisnis yang coba kita maksimalkan di internet nampak menarik dan lebih menonjol. Kenapa bisa begitu? Sebab, dengan sekali kita mendaftarkannya (Google akan memverifikasi) bisa terindeks di pencarian Google serta Google Maps.

Di 2017 ini, Google untuk Bisnisku memiliki fitur baru yang melengkapi fitur-fitur yang sudah ada selama ini yaitu penggunanya berkesempatan mendapatkan website sebagai landing page untuk mempromosikan produk atau jasa dari bisnis yang kita kelola – diperoleh secara gratis.

Cara Memaksimalkan Bisnis di Internet

Lalu bagaimana cara mendapatkan Google untuk Bisnisku? Perhatikan video berikut ini.

Pada video di atas dipertontonkan bagaimana cara mendaftarkan bisnis dari jasa atau produk yang kita punya, seperti:

  • Ketika google bisnisku di Google Penelusuran, lalu
  • Setelah ditemukan, klik Google Bisnisku atau Google My Business, lalu
  • Klik, “Tampil di Google, lalu
  • Pilih tipe bisnis yang mau didaftarkan, lalu
  • Bagi yang memiliki bangunan permanen, sila pilih lokasi fisik, lalu
  • Cari nama bisnis kita, kalau tidak ditemukan pilih, “tambahkan bisnis Anda” lalu
  • Isi semua form selengkapnya, dari mulai nama bisnis hingga alamatnya agar orang mudah menemukan, lalu
  • Setelah semuanya terisi klik lanjutkan, lalu
  • Centang persetujuan layanan kemudian klik lanjutkan, lalu
  • Verifikasi bisnis kita dengan meminta ke pihak Google agar mengirimkan kodenya melalui pos. Dalam beberapa minggu pendaftar akan dikirim kode verifikasi berupa kartu pos, lalu
  • kalau sudah menerima kodenya, masukan saja angka yang ada di balik kartu pos – selesai.

Nah, dengan terverifikasi maka bisnis yang kita miliki muncul di Google Penelusuran dan Maps. Sila masuk ke sini – untuk memulai Google My Business.

[2] Blogger

Di tampilan Google untuk Bisnisku, pemiliknya bisa melihat ada fitur tombol website yang bisa diklik pengguna internet. Ini memberikan kesempatan bagi pemilik bisnis untuk memanfaatkan fitur tersebut. Selain kita bisa menggunakan website yang ada di Google untuk Bisnisku – kita pun bisa memakai Blogger. Tautkan saja, blog yang berisi informasi seputar jasa atau produk yang bisa diketahui oleh calon pelanggan. Di sinilah kita bisa mulai menjalankan soft selling seperti dijelaskan pada paragraf awal di atas.

Apalagi kini Blogger sudah mengeluarkan beberapa tema-tema mutakhir. Tentunya ini menjadi angin segar buat kita yang ingin memiliki blog sebagai landing page secara gratis. Sila masuk ke halaman resminya di sini – pilih salah satu sesuai selera Anda.

[3] YouTube

Saat ini kita mengenal istilah komunikasi 2.0, yaitu sebuah cara baru dalam berkomunikasi seiring kemajuan teknologi. Terjadi pergeseran budaya dan adanya transformasi dalam berkomunikasi. Hari ini jamak pengguna gawai yang lebih menyukai tatap muka jarak jauh, membaca buku paperless, termasuk menonton streaming atau video YouTube. Semua pemandangan hari ini cenderung serba digital.

Cara Memaksimalkan Bisnis di Internet

Komunikasi 2.0 didukung dengan adanya infrastruktur yang mumpuni seperti; teknologi tepat guna dan infrastruktur pendukung, seperti smartphone, kamera, media sosial termasuk YouTube. Kita bisa lihat para YouTuber yang begitu atraktif mempertontonkan diri dan kehidupannya. Nah, kenapa tidak kita sebagai pebisnis memanfaatkan YouTube untuk mempromosikan bisnis baik itu jasa atau produk yang kita kelola. Tinggal bagaimana kita mengemas video-nya – semakin kreatif maka akan semakin bagus. 

Sedikitnya ada 6 (enam) keuntungan memanfaatkan YouTube.
  1. Alat promosi produk atau jasa yang kita kelola.
  2. Membangun komunitas.
  3. Memantau feedback.
  4. Menjelaskan cerita brand yang kita videokan.
  5. Menjangkau pasar yang lebih luas.
  6. Mengoptimalkan SEO bisnis online yang kita maksimalkan

[4] G+

Yang tidak kalah penting, peranan media sosial yang dimiliki oleh Google yaitu G+ (Google Plus). Dengan Google Plus saja, seorang pebisnis bisa memanfaatkannya untuk banyak hal. Contohnya; bila selama ini melakukan promosi soft selling menggunakan blog, Anda pun bisa menggunakan pembaruan informasi dari jasa atau produk lewat status di Google Plus. Untuk contoh konkritnya, Anda bisa perhatikan video berikut.

Itulah sedikit informasi tentang Cara Memaksimalkan Bisnis di Internet. Semoga bisa menjadi tambahan informasi bagi pengembangan bisnis yang tengah Anda jalankan. Sukses! [w1/10-ini]

Menarik? Sila di-SHARE!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *