Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog

Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog – Pertanyaan yang paling sering diungkapkan oleh setiap orang baik itu di foru atau pun melalui jalur pribadi adalah bagaimana sih cara meningkatkan trafik dari blog yang kita kelola? Tidak ada yang dirahasiakan dan formulasi khusus untuk melakukannya.

Ada beberapa teknik yang baik dan bisa langsung dipraktekkan saat kita mencari cara meningkatkan jumlah pengunjung blog yang kita kelola.

[1] Gunakan selalu kata kunci di dalam blog

First think first, kata kunci bisa kita bubuhkan melalui tagline blog yang kita miliki, di dalam isi artikel dan tag. Sebelum memulai cara pertama ini, sebaiknya kita pastikan terlebih dahulu bahwa blog yang tengah kita kelola memiliki posisi yang baik di mesin pencarian alias terindeks dengan baik.

Kata kunci atau keyword adalah istilah untuk kemungkinan besar dijadikan cara bagi pembaca blog yang tengah mencari artikel yang dibutuhkannya. Oleh sebab itulah ada yang menyebut, “membidik kata kunci” yang bila tepat sasaran maka pembaca akan masuk dan membaca artikel di blog kita.

Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog

Dari sini kita harus mulai memikirkan dan mencari kata kunci apa yang akan dibubuhkan menjadi bagian dari artikel yang tengah kita buat untuk kemudian kita tayangkan? Ambil contoh, apabila blog kita menjual madu dan khasiat dari madu, sebaiknya mulai memakai kata kunci, “Harga Madu dan Khasiatnya”. Selain di dalam artikel, kata kunci pun bisa kita pasang di halaman khusus lalu sematkan di header atau bisa juga di menu utama blog (sehingga orang akan mudah menemukannya).

Saat kita asyik memainkan kata kunci di dalam blog, perlu diperhatikan juga jumlahnya. Kita harus berhati-hati dengan penggunaan kata kunci yang ‘too much’ alias kebanyakan. Sebab mengulang kata kunci dengan jumlah yang terlalu banyak pun ujung-ujungnya artikel nampak tidak natural. Mesin penelusuran semisal Google akan menilai, “mencurigakan’ terhadap artikel tersebut. Dan langkah ini salah bahkan akan merusak reputasi baik dari blog yang kita kelola tersebut.

[2] Menulislah dengan Teratur

Sudah sama-sama kita fahami bahwa motivasi jamak orang dengan menulis lewat blog (blogger) hanya sebatas hobi – sekadar memenuhi kesenangan saja, tanpa target dan tidak terikat. Tapi ini justru bertolak belakang dengan cara kedua di mana kita dituntut untuk menulis tidak saja ketika ingin menulis muncul saja.

Cobalah Anda mulai memikirkan kebutuhan dari bisnis yang kita kelola, atau organisasi yang ada kita di dalamnya atau mencoba menghubungkan profesi kita dengan artikel yang perlu diterbitkan dalam blog kita. Dengan langkah ini biasanya ide-ide akan muncul bahkan tidak terbendung. Kalau ini sudah mulai berjalan, mulailah untuk menulis dengan teratur, bisa sebulan 4 artikel atau malah satu hari satu artikel.

Tahukah Anda? Menulis atau nge-Blog dengan teratur akan meningkatkan posisi atau ranking blog kita di mesin pencarian atau SEO (Search Engine Optimization).

Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog

Apabila sudah teratur menulis, selanjutnya kita akan terasah menjadi semakin matang (baca: mahir). Dan kalau ini sudah terjadi dalam kebiasaan kita menulis untuk memanfaatkan piranti SEO lanjutan akan semakin mudah – misalnya menggunakan meta description.

Meta Description adalah alat sederhana yang mampu mendongkrak posisi artikel yang berdampak pada meningkatnya jumlah kunjungan di blog. Tetapi masih saja ada sebagian yang belum memanfaatkannya. Sebab blog meta description yang sesuai akan membawa blog kita ke posisi terbaik di pencarian dan tentu saja berpengaruh besar terhadap jumlah kunjungan.

Begitu pula bagi Anda yang memiliki blog statis, di mana isinya hanya menjajakan atau menawarkan jasa atau produk yang tidak perlu pengulangan artikel. Manfaatkan langkah ke-2 ini, dengan cara mulai menambah dengan kategori berita (news) atau blog. Kuncinya sama – teratur dalam memposting artikelnya.

[3] Berbagi Cerita

Kita tentunya sepakat bahwa sebagus apapun tulisan yang kita punya tapi apabila kita hanya mengandalkan dari pengoptimalan kata kunci saja – masih kurang maksimal. Berbagi cerita alias nge-share kembali artikel yang masih baru di saluran-saluran lain, baik blog atau media sosial akan menyempurnakan upaya kita meningkatkan trafik blog adalah dengan

Upaya ini sangat efektif dalam meningkatkan jumlah kunjungan, semakin banyak orang yang berkunjung ke blog kita maka akan semakin baik juga posisi blog kita di mesin pencarian – Google misalnya. Untuk di wordpress sendiri, mereka memiliki fitur yang dinamai Publicize.

Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog

Dengan fitur publicize – WordPress akan memberikan kemudahan kepada penggunanya saat artikel usai tayang. Beberapa kanal media sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, Pinterest akan serempak memposting artikel yang baru saja dirilis.

Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog

Apabila kita sudah memiliki pembaca loyal tidak pernah akan melewatkan 1 artikel pun baik itu pelanggan blog ataupun medsos kita. Saat Anda sudah semakin terbiasa dengan ketiga cara di atas – kini waktunya bagi Anda mempelajari Google Search Console.

Produk dari Google ini (Google Search Console) pada awalnya bernama Webmaster Tools. Silakan Anda cari tahu apa itu Google Search Console? Baik itu saja artikel tentang Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog.

Semoga cara-cara yang diuraikan di atas akan membantu Anda dalam memahami dan berupaya memperbaiki reputasi blog yang kita sedang kelola. Selamat mencoba! [w1/10-ini]

Menarik? Sila di-SHARE!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *