Jenis Jaket Parka Pria dan Sejarah yang Menyertainya

Jenis Jaket Parka Pria dan Sejarah yang Menyertainya Jaket Parka dulunya dipakai oleh orang-orang Kutub Utara untuk melindungi diri mereka dari serangan hawa dingin yang menusuk pada saat keluar rumah ataupun sedang melakukan perburuan. Umumnya, jaket jenis ini memiliki bahan tahan air dan debu serta memiliki panjang hingga selutut dan terdapat hoodie yang berfungsi untuk melindungi wajah dari terpaan angin dingin dan salju.

Pada awal penggunaannya, jaket parka pria memang difungsikan untuk melindungi tubuh pemakainya dari serangan hawa dingin yang ekstrim. Jaket ini digunakan untuk menghangatkan tubuh seseorang yang memakainya.

Namun seiring perkembangan zaman, jaket ini mengalami pergeseran fungsi. Banyaknya mode yang dihasilkan perancang yang terinspirasi atau mengambil dasar model jaket pria model tersebut.

Sekarang banyak orang menggunakan jaket parka  bukan hanya di waktu musim dingin, namun juga pada musim lain, hanya untuk kebutuhan fashion dan trand mode. Jenis Jaket Parka Pria dan Sejarah yang Menyertainya

Ada beberapa jenis jaket parka untuk pria yang berkembang dalam kurun dekade ini, antara lain yaitu:

[1] Jaket Parka Snorkel

Jaket parka pria snorkel pertama kali dikenakan oleh para krew penerbangan militer Amerika Serikat pada tahun 1950-an. Saat itu terjadi cuaca dingin yang sangat ekstrim, di mana suhu saat itu terhitung diangka minus 51 derajat celcius. 

Kemudian pada akhir tahun 1999 dan awal tahun 2000-an, setelah sempat tenggelam, mode ini kembali ngetrend dikalangan para komunitas Indie Eropa. Di Jerman, pada tahun 2004, fashion mode pria yang mengenakan jaket parka menjadi ikon yang begitu digemari oleh komunitas hip-hop. Fungsinya sudah berubah, bukan lagi untuk menghangatkan tubuh, namun menjadi fashion pelengkap pakaian sehari-hari.

[2] Jaket Parka Fishtail

Jaket parka fishta il pertama kali digunakan pada perang dunia ke-2 oleh tentara militer Amerika Serikat. Pertama-tama, tujuan penggunaan jaket parka pria ini untuk mengatasi suhu perang yang saat itu berada di wilayah Korea. Suhu Korea yang dingin hingga mencapai minus 10 derajat lebih, membuat kebutuhan akan jaket ini sangat penting.

Namun, ketika akhir perang dunia ke-2 terjadi, ternyata kebutuhan pakaian hangat untuk militer sangatlah dibutuhkan. Jaket yang semula digunakan oleh para tentara sudah tidak memadai lagi untuk digunakan sebagai kebutuhan. 

Jadilah jaket parka pria fisthail ini menjadi jawaban akan semua yang dibutuhkan oleh militer Amerika. Bukan hanya digunakan oleh para infantri perang, tapi juga berfungsi sebagai pelapis seragam yang digunakan agar terlindungi dari cuaca dan angin dingin. 

Jenis Jaket Parka Pria dan Sejarah yang Menyertainya

Pada tahun 1960-an, pria yang memakai jaket parka menunjukkan simbol bagi komunitas Mod. Bukan hanya karena ketersediaannya yang melimpah di toko-toko peralatan militer, namun juga karena harganya yang terjangkau. Mereka kembali mengalih fungsikan jaket untuk kebutuhan militer ini, menjadi trend dan fashion bagi kalangan Mod yang menggunakan skuter. Agar terhindari dari debu dan panas.

[3] Jaket Parka Cagoule

Jaket parka ca goule  adalah sebutan dari jaket parka yang memiliki bahan yang lebih ringan dan tanpa pelapis. Tahan terhada cuaca, hujan dan juga debu serta biasanya memiliki panjang jaket hingga ke lutut.

Jenis Jaket Parka Pria dan Sejarah yang Menyertainya
Jenis Jaket Parka Pria dan Sejarah yang Menyertainya [internet]
Jaket parka jenis ini memiliki desain yang berbeda dari dua jenis jaket parka pria di atas. Desain bajunya tidak terbuka namun tetap memiliki kantong di area perut. Pada bagian leher, terdapat hoodie bulat yang elastis dan memiliki tali serta resleting kecil di bagian leher.

Jaket parka jenis ini lebih praktis jika tidak digunakan lagi. Bisa disimpan di dalam tas ataupun saku tas. Dalam beberapa versi, malah bagian hoodie-nya bisa berfungsi sebagai tas guna menyimpan bagian jaket yang lain.

Demikian sejarah dari jenis-jenis jaket parka pria dari masa ke masa. Walaupun memiliki sejarah yang panjang akan fungsinya, namun menggunakan jaket ini memang membuat pria lebih casual dan juga stylish. Anda berminat untuk memakainya? [w4/10-bp] 

Menarik? Sila di-SHARE!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *