Tips Mengatasi Luka Lecet Bagian Dalam

Tips Mengatasi Luka Lecet Bagian Dalam

Tips

Tips Mengatasi Luka Lecet Bagian DalamBagaiaman caranya merawat luka lecet? Dalam artikel ini kami akan ulas tentang bantuan untuk luka lecet.

Lecet merupakan salah satu luka yang secara umum tidak sepenuhnya menembus kulit, tidak seperti irisan yang pada umumnya melalui kulit sampai ke otot di bawah.

Meski demikian, lecet dalam dapat terasa sakit dan berdarah. Jika mengalami lecet dalam, Anda dapat mencoba merawat luka lecet di rumah, atau pergi ke dokter.

Namun, jika Anda memperkirakan bahwa luka tersebut lebih dalam dari 6,35 mm, Anda harus pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan jahitan.

Lecet dalam yang tidak terlalu dalam pada umumnya dapat ditekan, dicuci, dan diperban di rumah. Gulir ke Langkah 1 untuk mempelajari lebih lanjut.

Beri tekanan langsung pada luka untuk menghentikan pendarahan. Saat mengalami lecet, terutama lecet dalam, pendarahan berlebih dapat terjadi.

Tubuh berusaha menghentikan pendarahan berlebih dengan cara memproduksi penyumbat dan gumpalan yang terbuat dari sel protein dan platelet (yang merupakan bagian normal darah).

foto pelengkap artikel Tips Mengatasi Luka Lecet Bagian Dalam
[internet]

Tips Mengatasi Luka Lecet Bagian Dalam

Namun, saat pendarahan meluas pada area yang lebih luas—seperti saat mengalami lecet yang luas atau dalam—Anda dapat dengan cepat kehilangan banyak darah sebelum gumpalan terbentuk. Itulah mengapa penting untuk memberikan tekanan pada luka.

Gunakan perban atau kain bersih secara langsung pada luka untuk memperlambat pendarahan. Jangan menyerah pada keinginan untuk mengecek apakah pendarahan sudah berhenti atau belum—Anda harus menahan kain pada luka selama setidaknya 10 menit saat mengalami lecet dalam.

Jika pendarahan berlanjut selama lebih dari 20 menit tanpa banyak melambat, segera cari bantuan medis. Teruslah memberi tekanan selama perjalanan ke rumah sakit. Cuci luka dengan air hangat.

Setelah menghentikan aliran darah, Anda harus mencuci luka untuk mencegah infeksi terjadi. Kemudian setelah luka bersih, balut dengan kain kasa dan plester perekat luka Saat darah hangat mengalir keluar secara langsung dari tubuh setelah luka terjadi, ini menciptakan atmosfer dan lingkungan yang sempurna untuk pertumbuhan semua jenis bakteri dan mikroorganisme. Jadi, penting untuk mencuci luka sesegera mungkin. [w4/7/2018_iBM]

Menarik? Sila di-SHARE!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *