Tradisi Lebaran Bagi Warga Betawi

Tradisi Lebaran Bagi Warga Betawi –¬†Lebaran bagi warga Betawi asli 100% yang tinggal di DKI Jakarta mungkin cukup membosankan ya, karena mereka tidak ada tradisi pulang kampung dan bermacet ria di perjalanan menuju kampung halaman.

Kenapa saya bilang seperti itu, karena ya mereka mau kemana lagi, kampung halamannya di DKI Jakarta. Tapi jangan salah walaupun tidak pulang kampung seperti yang lainnya, bukan berarti lebaran mereka menjadi benar-benar membosankan ya.

Banyak sekali tradisi yang dilakukan oleh warga Betawi loh saat lebaran. Berikut beberapa tradisi yang biasa dilakukan saat lebaran:

[1] Memasak bersama

Tempat tinggal warga Betawi biasanya selalu berdekatan, dan berkumpul sehingga saat lebaran ibu-ibu suka sekali memasak bersama. Masakan yang wajib ada saat lebaran adalah sayur godog khas betawi yang pedas dan kaya akan rempah , semur daging, ketupat dan yang tidak ketinggalan adalah dodol cina.

Memasak dodol cina ini juga sangat melelahkan dan memakan waktu lama, maka dari itu ibu-ibu lebih suka memasak bersama sehingga bisa bergantian kalau lelah mengaduk dodol.

Bukan hanya itu, memasak kue lebaran seperti nastar, putri salju, castengel pun biasanya bersamaan. Jadi bisa terbayang dong memasak jadi tidak membosankan karena ada saudar-saudara yang membantu.

Sembari memasak biasanya ditemani dengan alunan lagu yang keluar dari audio, lagu yang di putar semakin enak di dengar karena audio tersebut mengeluarkan suara yang jernih sekali.

Tradisi Lebaran Bagi Warga Betawi
[internet]

Tradisi Lebaran Bagi Warga Betawi

[2] Silaturahmi

Bersilaturahmi dengan saudara mungkin bukan hanya dilakukan oleh keluarga Betawi saja, tetapi yang unik adalah karena rumah mereka yang berdekatan terasa seperti bermain kerumah tetangga saja. Walaupun seperti itu tidak mengurangi makna dari silaturahmi tersebut.

[3] Makan Bersama

Nah, kalau yang pertama adalah memasak bersama sambil mendengarkan lagu dari soundbar bersuara jernih, sekarang waktunya makan bersama. Bersilaturahmi kerumah saudara biasanya berkumpul dirumah yang dituakan, disitulah biasanya diadakan makan bersama.

Ketiga hal itu yang biasa dilakukan oleh warga Betawi yang tinggal di DKI Jakarta. Tidak membosankan sama sekali, karena ada saja hal yang dibicarakan walaupun mungkin setiap hari bertemu. [w3/8/2018_iBM]

Menarik? Sila di-SHARE!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *