3 Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Saat Menyusui

3 Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Saat Menyusui

Ibu kesehatan

3 Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Saat Menyusui – Mengonsumsi makanan bergizi baik bukan saja saat hamil, tetapi setelah melahirkan pun asupan gizi harus tetap seimbang. Kebutuhan nutrisi saat ibu menyusui sangatlah penting, tidak lain untuk meningkatkan kualitas ASI bagi buah hati tercinta. Jenis nutrisi, seperti Vitamin dan Mineral yang dibutuhkan saat menyusui harus tetap diperhatikan gambar tetap seimbang.

Pada dasarnya, di dalam ASI itu sendiri mengandung seluruh nutrisi yang dibutuhkan bayi. Adapun untuk menyempurnakan kepekaan dan kuantitas ASI, iya itu diperoleh dari pola makan ibu sehari-hari. Agar ibu menyusui lebih paham terhadap makanan yang seharusnya dikonsumsi, penting sekali mengetahui nutrisi apa saja yang dimaksudkan.

Berikut ini ada 3 jenis nutrisi untuk ibu menyusui:

Protein

Ibu menyusui sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya protein, karena jenis nutrisi ini sangat baik untuk memperbaiki struktur jaringan di dalam tubuh. Dengan protein juga, pertumbuhan si kecil dapat berlangsung secara normal.

Adapun sumber makanan yang berprotein, ibu bisa mengkonsumsi jenis makanan nabati maupun hewani. Seperti halnya dan ayam, daging sapi, tahu, tempe, seafood, edamame, dan lain sebagainya.

3 Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Saat Menyusui ~ Ibu menyusui sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya protein, karena jenis nutrisi ini sangat baik untuk memperbaiki struktur jaringan di dalam tubuh.
3 Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Saat Menyusui

Kalori

Untuk ibu menyusui, kebutuhan akan sumber kalori setiap harinya yaitu kurang lebih 500 kalori. Dari mana ibu harus mendapatkan sumber kalori? Yaitu dari nutrisi karbohidrat yang bisa ibu dapatkan dari nasi dan roti. Atau ibu juga bisa mengonsumsi gandum utuh ataupun beras merah.

Beberapa jenis makanan yang mengandung kalori tersebut, sangat berpengaruh dalam memproduksi ASI berkualitas tinggi.

Vitamin dan mineral

Ibu menyusui sangat penting mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung vitamin dan mineral, karena kuotanya lebih banyak dari kondisi sebelumnya ( tidak menyusui).

  • Vitamin C

Jenis vitamin C yang dikonsumsi ibu menyusui, tentunya dapat membantu pertumbuhan tulang, gigi dan produksi kolagen. Sumber vitamin C bisa Ibu dapatkan dari buah-buahan segar, seperti jeruk, pepaya, mangga, dan lain-lain.

  • Vitamin E

Di dalam vitamin E sendiri mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Vitamin E ini dapat melindungi paru-paru dan mata bayi dari berbagai masalah. Adapun sumber vitamin E, Ibu bisa dapatkan dari beberapa jenis makanan, seperti bayam, alpukat, kacang almond, dan asparagus.

Selain tiga nutrisi di atas, Ibu juga perlu mengkonsumsi suplemen berupa probiotik lactobacillus untuk alergi pada anak.

Menarik? Sila di-SHARE!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.