foto pelengkap Jenis-Jenis Olahraga yang Bantu Meredakan Pilek

Jenis-Jenis Olahraga yang Bantu Meredakan Pilek

Olahraga
Obat pilek ampuh yang tidak ngantuk terkadang susah dicari. Namun, jika mau untuk jeli, sebenarnya banyak sekali obat yang murah dan mudah diperoleh. Bahkan, tanpa disadari olahraga 20-30 menit setiap hari mampu mengurangi resiko tubuh terserang flu. Olahraga berfungsi untuk memicu antibodi dan sel darah putih untuk bersirkulasi lebih cepat. Lebih dari itu dengan aktivitas olahraga ini maka mampu mendeteksi adanya serangan virus, bakteri, dan munculnya penyakit lain lebih awal dari biasanya. Berikut adalah ulasan olahraga ringan yang harus Anda ketahui untuk mencegah perkembangan virus pilek :

1.    Jogging

Olahraga ini dilakukan dengan berlari kecil, seperti di pagi hari saat udara masih segar. Hindari jogging di jalan raya karena polusi yang dihasilkan justru akan membuat kondisi tubuh menjadi buruk. Jadi, pilihlah tempat yang rindang dan ditumbuhi banyak pepohonan. Jika sudah terserang pilek atau flu, Anda tetap bisa melakukan olahraga ringan ini, namun kurangi durasi waktunya, yakni berlatihlah dengan intensitas 50% dari kekuatan normal, misalnya yang semula satu jam, menjadi 30 menit.

2.    Jalan santai

Dalam sehari Anda bisa berjalan kaki selama 20 sampai 30 menit. Jika tidak sempat meluangkan waktu untuk berjalan kaki dalam durasi waktu tersebut, Anda bisa menyiasatinya dengan mencari rute perjalanan yang dirasa cukup untuk berjalan kaki seminimal-minimalnya 10 sampai 15 menit saja.

3.    Bersepeda

Untuk melakukan kegiatan bersepeda, step-nya bisa dilakukan seperti jalan santai, yaitu mengambil durasi olahraga sekitar 20 sampai 30 menit. Olahraga ini bisa dilakukan untuk Anda yang memiliki lokasi pekerjaan atau sekolah yang jaraknya tak begitu jauh dari lokasi rumah. Sepeda yang dikendarai setidak-tidaknya mencapai 15 menit saat berangkat dan pulang sehingga, Anda bisa bekerja sekaligus olahraga untuk mencegah flu dan berbagai macam penyakit lainnya. Gunakan pelindung masker saat berkendara sebagai usaha menghindari polusi.
ilustrasi Jenis-Jenis Olahraga yang Bantu Meredakan Pilek [internet]

Jenis-Jenis Olahraga yang Bantu Meredakan Pilek

Itu tadi adalah beberapa jenis olahraga yang menjadi obat flu paling ampuh. Olahraga ringan tersebut cocok bagi Anda yang jarang atau tidak suka berolahraga berat. Mudah, santai dan seru. Namun, yang harus Anda pegang adalah konsistensi atau terus–menerus melakukannya.

Menarik? Sila di-SHARE!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.