Aplikasi Qasir Solusi Bagi UMKM

Aplikasi Qasir Solusi Bagi UMKM

finansial Teknologi

Sebelum lebih lanjut mengenai Aplikasi Qasir Solusi Bagi UMKM. Kita kenalan aja dulu, apa sih Aplikasi Qasir? Dari halaman resminya disebutkan, “Qasir merupakan aplikasi kasir yang dapat memudahkan pelaku usaha saat mencatat penjualan, mengelola produk, mengawasi stok serta memantau laporan transaksi.”

Kapan Aplikasi Qasir Pertama Kali Muncul?

Aplikasi Qasir muncul untuk pertama kalinya pada 2015. Didirikan oleh tiga orang. Aplikasi Qasir dirancang dan dikembangkan di rumah founder — tepatnya di lantai dua. Awalnya bernama Etalastic namun karena satu dan lain hal, sistem diubah dengan ditandai bertambahnya tim menjadi 8 orang.

Pada 2017 tim Aplikasi Qasir memiliki tambahan personil, pada waktu itu seluruhnya berjumlah 15 orang. Masing-masing personil dalam tim memiliki tugas yang sama, yaitu; memperkenalkan Aplikasi Qasir ke seluruh kerabat, keluarga serta handai taulan agar mengenal aplikasi tersebut dan menggunakannya.

Jumlah Pengguna Mencapai 12 Ribu!

Pada 2018 menjadi momentum penting bagi Aplikasi Qasir karena pencapaiannya. Pada tahun tersebut jumlah penggunanya menembus angka 12 ribu pelaku bisnis retail. Di tahun ini pula Qasir menambahkan fitur Belanja Grosir bagi Pedagang. Tim Qasir semakin banyak pada 2018, yaitu berjumlah 22 orang.

Apa sih Aplikasi Qasir?

Dari halaman about, Aplikasi Qasir menyatakan kalau mereka lebih dari sekadar kasir. Aplikasi Qasir merupakan unit bagi para UMKM dengan sistem Point of Sale. Dengan menggunakan POS dari Qasir, setiap penggunanya akan mendapatkan kemudahan mencatat penjualan, mengelola produk, mengawasi stok serta memantau laporan transaksi.

Aplikasi Qasir Solusi bagi UMKM

Salah satu pembuktian UMKM Naik Kelas adalah meleknya terhadap teknologi informasi. Aplikasi Qasir sudah melakukannya, terbukti sudah tercetak angka pengguna hingga 150 ribu dan angka ini akan terus bertambah.

Mengutip portal berita KataData — Co-founder dan Chief Marketing Officer (CMO) Qasir, Rachmat Anggara, mengatakan, “Aplikasi Qasir dibuat sebagai solusi atas kesulitan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang tidak memiliki catatan transaksi, baik penjualan maupun pembelian.”

Rahmat pun menegaskan, “Aplikasi Qasir menargetkan memperoleh 14 juta pengguna pada 2021.”

Baca Juga Artikel Finansial : Berbagai Fitur Yang Tersedia Dalam Aplikasi BukuKas

pragita

Aplikasi Qasir Solusi Akses Permodalan

Telah menjadi target umum pelaku UMKM yaitu ingin meningkatkan skala bisnisnya dengan tambahan modal. Untuk melakukannya perlu akses permodalan. Dengan menggunakan Aplikasi Qasir, semua merchant atau penggunanya berpeluang memperoleh permodalan.

Qasir Bekerjasama dengan KoinWorks

Dalam upayanya memberikan solusi akses permodalan bagi merchant atau UMKM yang bergabung, Aplikasi Qasir telah bekerjasama dengan KoinWorks yang akan memberikan pembiayaan pinjaman modal usaha. Ada juga beberapa P2P (peer to peer) lending sejenis sebagai alternatif akses permodalan.

Mekanisme Pengajuan Modal pada Aplikasi Qasir

Dalam hal ini Qasir menggunakan sistem PO Financing atau Invoice Financing sehubungan memberikan pembiayaan modal usaha. Sederhananya, merchant atau pengguna cukup menyiapkan catatan transaksi yang sudah otomatis tercatat selama melakukan transaksi usaha dalam POS (point of sale) Qasir. Catatan transaksi tersebut sebagai bukti kemampuan usaha setiap merchant atau UMKM yang mengajukan modal.

Setelah itu, merchant atau UMKM pengguna Aplikasi Qasir mengisi formulir pengajuan lewat Google Form yang berisi informasi besar pengajuan dan tenor pembiayaan. Dan sekarang prosesnya semakin mudah karena Aplikasi Qasir melengkapi fitur dengan QRIS.

Fitur Pembayaran QRIS di Aplikasi Qasir

Hari ini sudah ada Fitur Pembayaran QRIS di Aplikasi Qasir. Dengan menggunakan transaksi digital QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) maka UMKM yang melakukan transaksi jual-beli sudah otomatis mencatat dan memvalidasi transaksinya.

Bagi merchant dan UMKM yang telah memanfaatkan dengan baik fitur pembayaran QRIS di setiap transaksinya maka akan mendapatkan lebih sederhana lagi prosesnya saat mengajukan pinjaman modal. Tentu saja ini akan menjadi proses yang efektif serta efisien.

Aplikasi Qasir Solusi Bagi UMKM

Kesimpulan

Kerap terjadi di kalangan UMKM adalah menghadapi hambatan yang akan menjadi masalah, seperti; catatan transaksi yang tidak rapi dan data yang tidak tervalidasi. Akhirnya kacau saat mengelola produk serta stok tidak terawasi. Oleh sebab itu manfaatkan Aplikasi Qasir dengan baik bagi kelancaran usaha Anda. Pada intinya, Qasir mengajak semua merchant dan UMKM untuk tertib atau disiplin dalam melakukan pencatatan hasil usaha.

Aplikasi Qasir Solusi Bagi UMKM
Aplikasi Qasir Solusi Bagi UMKM

Mulailah dulu, praktek dan pelajari penggunaan POS Qasir atau setidaknya pasang Aplikasi Qasir di smartphone Anda. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.