Cara Bakteri Mengurai Limbah Kotoran Septic Tank

Cara Bakteri Mengurai Kotoran dalam Septic Tank

kesehatan pengetahuan Rumah

Secara umum, septic tank berfungsi sebagai pengolah limbah bukan saja penampung limbah atau kotoran yang bersumber dari aktifitas setiap orang saat di kamar mandi dan yang paling utama adalah kotoran dari closet — karena itulah disebut dengan istilah blackwater.

Setiap bangunan, paling tidak di setiap rumah sederhana — terdapat serangkaian proses atau Cara Bakteri Mengurai Kotoran dalam Septic Tank.

Cara Bakteri Mengurai Kotoran dalam Septic Tank

Bakteri atau mikroba dalam jumlah yang sangat banyak (miliaran mikroba) melakukan proses biologis dan kimiawi yang disebut dengan istilah biokimia. Secara alamiah ada dua kelompok mikroba, yaitu; aerob (mikroba yang membutuhkan oksigen) dan anaerob (mikroba yang tidak membutuhkan oksigen).

Ilustrasi septic tank di sekitar lingkungan rumah, kantor atau tempat tinggal.
Ilustrasi septic tank di sekitar lingkungan rumah, kantor atau tempat tinggal (internet)

Sifat yang terbagi ke dalam dua kelompok tersebut pula yang lantas dijadikan acuan bagaimana cara bakteri mengurai kotoran dalam septic tank. Rata-rata di setiap bangunan seperti di perumahan — septic tank yang dibuat tidak memiliki oksigen sehingga yang bakteri yang bekerja adalah mikroba anaerob. Wajar saja jika proses penguraian kotoran oleh bakteri di dalamnya memakan waktu yang lama.

Mekanismenya, setiap mikroba mengeluarkan enzim yang berperan mengurai limbah. Waktu yang diperlukan oleh bakteri agar dapat mengurai limbah dengan sempurna bisa berbulan-bulan lamanya. Dalam waktu yang normal saja, yaitu 2 bulan; limbah terurai hanya 50% nya saja sedangkan dalam waktu 5 bulan, limbah yang terurai hanya 80% nya saja.

Limbah di dalam septic tank memiliki kandungan kimia yang sangat komplek yang menjadi biogas. Setiap biogas 60% nya adalah metana (bahan bakar gas), 35% nya adalah karbondioksida, sisanya terdiri dari asam belerang dan amoniak. Kandungan biogas inilah yang menjadi penyebab bau tidak sedap yang muncul dari arah septic tank.

Untuk merawat bakteri pengurai di dalam septic tank pun kita harus segera mengeluarkan biogas di dalam septic tank. Tujuannya agar tidak meracuni bakteri yang selama ini bertugas mengurai kotoran di dalam septic tank. Salah satu caranya, pembuat septic tank membuat ventilasi untuk membuang udara yang ada di dalam septic tank.

Salah satu penyebab septic tank mampet adalah gagalnya biogas terbuang ke udara bebas sehingga meracuni bakteri pengurai kotoran yang selama ini bekerja. Kalau ini terjadi biasanya, septic tank penuh sesak dengan limbah karena tidak terurai bakteri dan harus disedot.

Pembaca … Pernahkah terlintas pertanyaan, “Adakah cara lain saat septic tank penuh atau mampet tapi tidak usah disedot?”

BACA JUGA : 6 Manfaat Air Putih

Mengatasi Septic Tank Mampet Tanpa Sedot

Apabila Anda mengalami masalah seperti septic tank mampet, sekarang tidak perlu repot-repot. Sudah hadir di tengah-tengah kita, DPlus ~ Degra Obat Mampet Septictank.

Septic tank mampet? Tidak perlu kuatir ada DPLUS Probiotic 100% Organic based. Solusi cermat toilet bau dan septic tank mampet tanpa sedot!
DPLUS Mengatasi Septic Tank Mampet tanpa Sedot

Apa itu DPlus?

Dplus adalah serbuk ampuh dengan kemasan foil berat 100g. Dplus hadir dan mencoba menjadi jalan keluar atas permasalahan yang ada, seperti; septic tank penuh, WC mampet, kotoran dan sumber penyakit menggunung serta pencemaran lingkungan.

Anda berminat dengan DPlus ~ Degra Obat Mampet Septic Tank? Hubungi kami di Whatsapp sekarang juga.

081212747287
Anda berminat dengan DPlus ~ Degra Obat Mampet Septic Tank? Hubungi kami di Whatsapp sekarang juga.

sumber: https://www.kompasiana.com/yovitoni/55176db6813311cb669de710/apa-yang-terjadi-di-dalam-septik-tank

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.