Didatangkan Langsung dari Swiss, Swab Tests atau Polymerase Chain Reaction (PCR) Lab Kit Sudah Tiba di Indonesia

Didatangkan Langsung dari Swiss, Swab Tests atau Polymerase Chain Reaction (PCR) Lab Kit Sudah Tiba di Indonesia

berita kesehatan News Teknologi

Menurut pemberitaan Tempo Online, Alat Penguji Tes Swab Asal Roche, Swiss, Sudah datang di Indonesia. Inilah unit sebagai alat uji yang digadang-gadang lebih akurat daripada rapid test yang selama ini dipergunakan saat mendeteksi virus corona.

Cara menggunakannya yaitu Swab Tests mengambil sampel cairan dari saluran pernapasan kita kemudian peneliti di laboratorium akan mencari dan mengambil genom virus di cairan tersebut.

Kapan Swab Tests atau Polymerase Chain Reaction (PCR) Lab Kit datang ke Indonesia?

Didatangkan Langsung dari Swiss, Swab Tests atau Polymerase Chain Reaction (PCR) Lab Kit Sudah Tiba di Indonesia pada hari Selasa, 7 April 2020. Alat tes swab yang dipesan oleh Kementerian BUMN terdiri dari 3 (tiga) unit;

  • 1 unit Magnapure 96,
  • 1 unit Lightcycle 480 serta
  • 13 unit Lightcycle 96.

Agus Wibowo selaku Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), menyebutkan, “Dengan alat-alat ini, pihaknya kini mempunyai kapasitas untuk melakukan 10.000 tes PCR per hari dan akan didistribusikan ke 12 provinsi di Indonesia.”

"Dengan alat-alat ini, pihaknya kini mempunyai kapasitas untuk melakukan 10.000 tes PCR per hari dan akan didistribusikan ke 12 provinsi di Indonesia."
ilustrasi (google)

Pemerintah diminta untuk membeli alat selain Alat Tes Swab Tersebut

Slamet Budiarto selaku Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mengatakan, “Jika hasil uji swab yang selama ini terbilang memakan waktu yang lama dan itu menjadi penyebab utama dari banyaknya pasien yang meninggal karena corona.”

“Dan Karena hasilnya lama, tenaga medis menjadi ragu ketika diharuskan mengambil tindakan. Saran saya kepada pemerintah untuk melakukan rapid test PCR dan Genexpert PCR,” sambungnya.

Genexpert adalah sebuah alat yang lazim dipergunakan untuk menguji penyakit tuberculosis (TB). Jika alat ini pun dipakai guna mengetes corona, maka membutuhkan sekitar 45 menit untuk mengetahui hasil lab, “Apakah positif corona atau Tidak?” Dan agar tidak mengganggu para tenaga medis yang menangani pasien TB, pemerintah dimohon pula agar membeli alat tersebut.

Tidak saja mendatangkan alat uji lab dari Swiss, pada Minggu, 5 April pun Pemerintah sudah mendatangkan 50 ribu alat PCR dari perusahaan elektronik asal Korea Selatan, LG Group.

Dari Kementerian lain pun menyiapkan keperluan lain yang dibutuhkan guna menangani pandemic Covid-19 ini. Menteri BUMN Erick Thohir, menegaskan, “Pemerintah sedang menyiapkan 10 laboratorium untuk pemeriksaan virus corona.”

“Dengan target pemeriksaan 1.000 tes per hari. Tidak hanya itu, pemerintah pun tengah menyiapkan 2.411 tempat tidur di 35 rumah sakit BUMN,” tutup Erick.

Artikel Didatangkan Langsung dari Swiss, Swab Tests atau Polymerase Chain Reaction (PCR) Lab Kit Sudah Tiba di Indonesia ini dipetik dari email Catch Me Up!

Menarik? Sila di-SHARE!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.