Cara Tepat Merebus Telur

Inilah Cara Tepat Merebus Telur

Cara kesehatan Makanan

Cara Tepat Merebus Telur — Untuk bisa merebus telur dengan sempurna memang diperlukan cara yang tepat untuk merebusnya. Telur rebus dikatakan sempurna apabila warna kuningnya bagus, dengan kata lain kuningnya merata. Rupanya untuk melakukan agar bisa mendapatkan telur rebus dengan baik tidaklah mudah, ada teknik-teknik khusus yang perlu dilakukan.

Telur berwarna kuning serta tidak ada warna abu-abu yang mengelilinginya, itulah yang disebut dengan telur rebus yang sempurna. Selain itu, tekstur kuning dari telur rebus terasa lembut sesuai dengan harapan kita yang merebusnya. Agar bisa mendapatkan telur rebus yang memiliki rasa enak tersebut, ikutilah langkah-langkah Cara Tepat Merebus Telur berikut ini.

Cara Tepat Merebus Telur

Rebus Telur dalam Panci

Pertama-tama Anda ambil panci, isi dengan air rebus hingga mendidih. Jika air dalam panci sudah mendidih, silakan kecilkan apinya lalu masukkan telur yang akan direbus satu per satu ke dalam panci.

Tentukan Tingkat Kematangan Sesuai Selera

Bicara selera tingkat kematangan ada beberapa pilihan waktu yang bisa dilakukan, yaitu; 7, 8, dan 10 menit. Pada saat direbus selama 7 menit maka telur akan setengah matang. Dan tekstur kuning dari telur tersebut akan terasa lembut serta encer.

Dan ketika direbus selama 8 menit, maka telur akan matang namun kuningnya masih encer dan lebih bertekstur. Sedangkan bila telur direbus selama 10 menit, ia akan memiliki kuning telur dengan bagian tengahnya saja yang matang. Adapun agar tingkat kematangan telur rebus dengan meratas, coba lakukan perebusan selama 10 hingga 12 menit. Itu adalah waktu yang ideal untuk merebus dan matang dengan menyeluruh.

Angkat dan Tiriskan

Setelah kita merebus telur dengan tingkat kematangan yang sesuai selera, silakan angkat telur tersebut lalu tiriskan.

Selesai


Apa sih Manfaat Telur Rebus?

Itulah langkah-langkah sederhana Cara Tepat Merebus Telur. Tidak jarang pula, ada yang kerap bertanya, “Apa sih manfaat telur rebus?” Bagi setiap orang yang mengonsumsi telur rebus, akan mendapatkan banyak manfaat — salah satunya lancarnya metabolisme tubuh.

Kandungan asam amino di dalam telur rebus akan mampu menerima protein dengan mudah bagi tubuh. Manfaat lain telur rebus yang lain, yaitu menurunkan resiko serangan jantung. Sebab kandungan lemak takjenuh pada telur akan bisa mengurangi penyerapan kolesterol tubuh. Jika tingkat kolesterol rendah maka akan menurunkan penyakit jantung dan penyakit lain yang juga serius.

TAHUKAH ANDA? Protein yang terkandung pada telur rebus dinilai mampu membuat rasa kenyang lebih lama.

Manfaat lain dari telur rebus adalah membantu penglihatan. Kandungan antioksidan semisal esensial, lutein serta zat zeaxanthin yang terkandung dalam telur rebus mampu menjaga kesehatan mata dan melindungi mata dari sinar ultraviolet dan katarak di usia muda.

Selain itu, telur rebus pun dapat menyehatkan otak. Vitamin serta mineral yang terkandung di dalam telur rebus dapat membantu fungsi otak bekerja dengan baik, seperti; menyehatkan sel otak, menjaga ingatan serta menyehatkan sistem saraf.

Cara Tepat Merebus Telur
ilustrasi Cara Tepat Merebus Telur (internet)

Pembaca … Anda bisa memasaknya dengan air mendidih dalam keadaan masih terbungkus cangkang telur karena memang seperti itulah Cara Tepat Merebus makanan sarapan yang paling populer di banyak negara tersebut. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.