Foto Pelengkap Artikel Kebijakan Tegas Soal Larangan Mudik

Kebijakan Tegas Soal Larangan Mudik

kesehatan News

Kebijakan Tegas Soal Larangan Mudik – Ada negara dengan jumlah kasus Covid-19 terbanyak yaitu Amerika Serikat; kasus positif di negeri Paman Sam ini sebanyak 954.182 orang dengan jumlah kematian sebesar 54.573 jiwa.

Kabar baiknya, datang dari Vietnam, negara tetangga Indonesia ini per Kamis (24/4) kemarin sudah melonggarkan aturan tentang social distancing. Kok bisa? Ya, karena hasil tes menunjukkan bahwa sudah tidak ada lagi infeksi baru selama enam hari berturut-turut. Sejauh ini pun Vietnam memang hanya memiliki 268 kasus Covid-19 dengan tanpa kematian.

Di Italia kemarin ada video viral yaitu musisi saxophone berbagi hiburan — silakan Anda cari deh … Nah, kabar covid-19 di Italia – Perdana Menteri Giuseppe Conte mengumumkan bahwa pemerintahannya merencanakan membuka lagi industri manufaktur pada 4 Mei mendatang. Kebijakan ini dikeluarkan sebagai bagian dari rencana pemerintah untuk melonggarkan aturan lockdown.

Kemarin (Ahad, 26/4) dari Arab Saudi – Raja Salman mengeluarkan aturan yang memperlonggar larangan untuk keluar rumah, kecuali di Mekkah. Sebelumnya, Arab Saudi memberlakukan larangan keluar rumah selama 24 jam. Namun kini, warga boleh keluar sejak jam 9 pagi sampe jam 5 sore, dan mall serta toko retail juga sudah mulai boleh membuka kembali usahanya sejak 29 April hingga 13 Mei mendatang.

Dari India pun terdapat kabar tentang dampak Covid-19 ini, negeri Bollywood ini baru saja mengeluarkan aturan yang membolehkan toko-toko tertentu untuk kembali buka gerai setelah sebelumnya memberlakukan aturan lockdown nasional selama satu bulan lamanya.

Di Wuhan, Tiongkok sendiri otoritas setempat menyebutkan bahwa seluruh pasien Covid-19 sudah keluar dari rumah sakit dan sudah tidak ada lagi kasus baru. Dan Direktur Bank Dunia, Carolina Sanchez-Paramo memperkirakan bahwa pandemi Covid-19 akan membuat 49 juta orang di seluruh dunia masuk ke dalam level kemiskinan ekstrim pada tahun 2020.

Adapun wilayah yang diprediksi akan mengalami penambahan kemiskinan baru terbanyak adalah Sub-Sahara Afrika, dengan jumlah penambahan sebesar 23 juta orang. Bagaimana menyikapi dampak ini? World Bank memberikan dukungan fiskal ke rumah tangga yang rentan secara praktis seperti halnya Bantuan Langsung Tunai/BLT).

Kebijakan Tegas Soal Larangan Mudik
Kebijakan Tegas Soal Larangan Mudik – foto: internet

Kebijakan Tegas Soal Larangan Mudik

Lalu bagaimana kabar mutakhir dengan yang telah terjadi di Indonesia sehubungan dengan adanya wabah covid-19 ini? Sedikitnya ada 6 (enam) poin berita, antara lain:

  1. Per kemarin (Minggu, 26/4), jumlah total kasus corona di Indonesia ada 8.882 kasus, dengan 1.107 pasien yang sembuh, dan 743 pasien yang meninggal.
  2. Sejauh ini, ada 282 kabupaten/kota yang terinfeksi, dan paling tinggi ada di DKI Jakarta dengan 3.798 kasus positif.
  3. Pekan Olahraga Nasional (PON), yang rencana awalnya bakal dilaksanakan di Papua pada Oktober 2020, kini resmi ditunda oleh Presiden Jokowi. Rencananya, PON bakal ditunda hingga Oktober 2021.
  4. Sudah mulai banyak daerah yang memberlakukan kebijakan tegas soal larangan mudik, salah satunya Sumatera Barat yang mengumumkan ditutupnya seluruh perbatasan provinsi tersebut untuk seluruh kendaraan. Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, “Kalau ada kendaraan umum maupun pribadi yang nekad masuk, maka mereka bakal diperintahkan untuk memutar balik kendaraannya.”
  5. Tidak saja di Sumatera Barat, kendaraan yang wajib memutar balik karena nekad melanggar aturan pulang kampung tersebut diberlakukan pula di Jabodetabek. Dirlantas Polda Metro Jaya menyebutkan, “Terdapat 2.909 kendaraan yang wajib memutar balik kendaraannya sebab masih saja nekad untuk mudik keluar dari Jabodetabek. Semua kendaraan ini diarahkan untuk masuk melalui tol Cikarang Barat dan Tol Bitung.
  6. Di Jawa Tengah telah dijalankan operasi candi yang dilakukan oleh polda setempat, dan diketahui ada 463 kendaraan yang harus memutar balik dan tidak boleh masuk wilayah Provinsi Jateng.

Menarik? Sila di-SHARE!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.