Foto pelengkap Mengonsumsi dan Menggunakan Madu untuk Manfaat Kesehatan dalam Islam

Mengonsumsi dan Menggunakan Madu untuk Manfaat Kesehatan dalam Islam

kesehatan News

Mengonsumsi dan Menggunakan Madu untuk Manfaat Kesehatan dalam Islam – Cairan kental manis alami dengan warna keemasan yang kita mengenalnya sebagai madu, hari ini jamak dikemas oleh pedagang khusus madu atau herbal. Tentu saja ada banyak sekali manfaat kesehatan dari madu yang akan kita bahas ini.

Manfaat kesehatan dari madu didukung oleh sejumlah studi ilmiah, Pragita memetik artikel Mengonsumsi dan Menggunakan Madu untuk Manfaat Kesehatan dalam Islam dari literatur yang melalui pengecekan studi ilmiah resmi: drhealthbenefits.com.

Anjuran agar semua orang mengonsumsi madu, di dalam ajaran Islam sudah disebutkan dalam Alquran. Di dalam kitab suci tersebut dijelaskan Umat muslim agar mengonsumsi dan menggunakan madu untuk menjaga kesehatan.

Sudah lebih dari 14 abad yang lalu, Allah SWT mewahyukan kepada Nabi Muhammad SAW bahwa madu dapat menyembuhkan manusia dari berbagai macam penyakit. Di dalam Alquran dijelaskan:

“Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: ‘Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibuat oleh manusia,’ kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.” (Quran Surat An-Nahl Ayat 68-69)

Sudah lebih dari 14 abad yang lalu, Allah SWT mewahyukan kepada Nabi Muhammad SAW bahwa madu dapat menyembuhkan manusia dari berbagai macam penyakit.
(istimewa)

Jelas bahwa Islam merekomendasikan orang-orang beriman untuk mengkonsumsi dan menggunakan madu untuk manfaat kesehatan.

Manfaat kesehatan madu memang luar biasa, terlalu naif bagi siapa pun yang menolak ketika disodorkan madu guna penyembuhan dan menjaga kesehatan tubuh, termasuk di saat pandemic covid-19 seperti sekarang.

Mengonsumsi dan Menggunakan Madu untuk Manfaat Kesehatan dalam Islam

Dan inilah manfaat kesehatan madu dalam Islam.

[1] Obat yang manjur

Nabi Muhammad SAW pernah menyebutkan bahwa setiap Muslim harus menggunakan dua jenis solusi kesehatan, yaitu madu dan Quran. Adapun Quran sebagai obat untuk pikiran Anda dan madu sebagai pengobatan alami untuk fisik Anda.

[1] Sembuhkan sakit perut

Terdapat sebuah hadits dari Bukhari, diceritakan bahwa ada seorang pria datang kepada Nabi Muhammad dan mengatakan bahwa saudaranya sakit perut. Nabi kemudian menyarankan saudara lelaki itu untuk minum madu dengan air. Setelah itu adik laki-laki tersebut melakukan saran dengan meminum dicampur air kemudian sembuh.

Hadits ini dibuktikan dengan penelitian ilmiah, bahwa minum madu dengan air hangat dapat menyembuhkan sakit perut. Terutama jika Anda menambahkan cuka kayu manis dan apel akan lebih berkhasiat.

[3] Bagus untuk kulit

Madu terutama yang berasal dari bagian nektar bunga dinilai kaya akan antioksidan. Karena itu, madu mampu sebagai sunber nutrisi yang berguna bagi kulit. Tidak hanya dikonsumsi sebagai suplemen kulit, madu juga dapat dioleskan sebagai perawatan kulit alami.

Seperti kita ketahui, ada banyak rahasia kecantikan kuno yang memanfaatkan madu kesehatan khusus kulit. Sebut saja; rahasia kecantikan tradisional dari Mesir, India, dan beberapa tempat lain di dunia. Mereka mengandalkan madu sebagai media anti-penuaan.

[3] Antibiotik alami

Madu adalah sebaik-baiknya antibiotik alami sebab ia mampu menyapu bersih penyakit secara alami. Ini sama artinya dengan madu mampu meminimalisir efek samping. Efek penghambatan penyakit oleh madu sangat baik, ia mampu menyembuhkan beberapa penyakit kesehatan seperti pilek dan flu. Ini juga dapat digunakan sebagai antibiotik topikal untuk luka dan infeksi.

[4] Jaga kesehatan secara keseluruhan

Selain berolahraga, mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat bisa dipastikan kita sudah menjaga kesehatan secara keseluruhan. Salah satu makanan atau minuman yang tepat adalah dengan meminum madu dicampur dengan air hangat.

Bila setiap orang membiasakan meminum air hangat dicampur madu di saat perut kosong disebut-sebut sebagai langkah ampuh menjaga kesehatan secara keseluruhan. Dalam Islam disebutkan itulah yang biasa dilakukan Nabi Muhammad setiap hari dahulu.

Melakukan cara ini sama dengan menjadikan madu sebagai makanan dan obat-obatan, karena membersihkan arteri dan usus dari kotoran. Pun ketika seseorang meminum madu dengan air lemon di malam hari maka itu sangat baik ketika berusaha menjaga kesehatan.

[5] Pemanis sehat

Pernahkah Anda berpikir untuk mengganti gula pasir biasa dengan pemanis yang lebih sehat? Jika ya, madu adalah jawaban terbaik.

Madu sebagian besar terdiri dari fruktosa, pemanis alami dari buah-buahan. Manfaat kesehatan lain dari madu, ia menghadirkan lebih banyak energi dengan kalori 40% lebih sedikit daripada gula biasa.

Kabar baik lain dari khasiat madu yaitu anti obesitas. Sebab meminum madu akan membuat Anda tetap berenergi, namun tidak berarti berat badan Anda akan bertambah, menarik sekali, bukan?

[6] Mengurangi rasa sakit

Khasiat anti-inflamasi pada madu sangat kuat untuk mengurangi rasa sakit akibat peradangan. Ini juga merupakan alasan mengapa madu sangat dianjurkan untuk dioleskan pada luka menganga dan luka bakar. Tidak hanya mengurangi rasa sakit akibat peradangan, madu pun mampu membantu tubuh kita untuk membangun sel-sel baru.

Meningkatkan kinerja otak

Cairan emas yang dihasilkan oleh lebah luar biasa dapat meningkatkan kinerja otak. Ini membantu produksi dan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk otak. Sirkulasi darah ke otak yang baik akan mengoptimalkan kerja otak. Mineral yang terkandung dalam madu seperti potasium juga berkontribusi membuat madu semakin bernilai bagus untuk otak.

Cara menggunakan madu untuk kesehatan dalam Islam

Berikut adalah beberapa rekomendasi tentang cara menggunakan serta mendapatkan manfaat kesehatan dari madu dalam Islam. Madu mungkin baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

  • Namun, hindari memberikan madu kepada bayi di bawah usia satu tahun. Itu karena madu mungkin mengandung bakteri yang mungkin berbahaya bagi pencernaan bayi. Memberi madu kepada bayi dapat menyebabkan botulisme.
  • Anda dapat menggunakan madu sebagai pemanis dalam segala jenis makanan Anda seperti smoothie, jus, atau Anda juga dapat mengganti sirup maple staples untuk pancake Anda dengan madu. Mengkonsumsi oat untuk sarapan bersama madu juga akan menambah sedikit energi untuk hari Anda.
  • Jangan lupa menyimpan madu dengan benar, yaitu simpan di tempat kering dan dingin dan hindari sinar matahari langsung dan pastikan untuk menempatkan madu di botol kaca, sebab botol kaca adalah wadah terbaik untuk madu karena akan mempertahankan rasa, warna, dan nilai manfaat madu.
Honeycomb atau Madu Sarang. Minat? Silakan pesan ke WA: 089627528881

Menarik? Sila di-SHARE!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.