Proses Terbentuknya Sinar Pelangi

Proses Terbentuknya Sinar Pelangi

pengetahuan

Peristiwa munculnya pelangi menurut para peneliti cuaca dan iklim Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika terjadi karena adanya sinar matahari dan butiran air di udara. Atau pelangi bisa terjadi selang beberapa waktu usai turun gerimis diiringi dengan nampak sinar matahari.

Jadi pelangi dapat terbentuk selama ada sinar matahari dan butiran air atau cuaca gerimis. Setiap orang dapat melihat keindahan pelangi apabila posisi orang yang melihat berada di antara sinar matahari dan butiran air dalam satu garis lurus.

Matahari merupakan salah satu faktor penentu terbentuknya sinar pelangi, pasalnya matahari memiliki spektrum warna yang banyak sekali. Namun, yang umum kita jumpai warna putih sinar matahari di waktu siang. Warna pelangi yang bisa ditangkap oleh manusia antara lain; merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.

Warna pelangi tersebut tidak pasti sebanyak itu, sangat memungkinkan warna yang ditangkap oleh manusia hanya 5 atau 6 warna saja. Hal ini disebabkan oleh posisi titik mata ketika memandang sinar pelangi, kesempatan mampu melihat warna secara utuh apabila posisinya satu garis lurus antara mata orang yang melihat, sinar matahari dan butiran air.

Warna yang paling atas dari sinar pelangi adalah warna merah dan warna paling bawahnya adalah warna ungu. Dan waktu munculnya fenomena alam ini bisa saja terjadi di waktu pagi, siang atau sore hari. Frekuensi kemunculan sinar pelangi bergantung pada terpenuhi atau tidaknya syarat-syarat untuk terjadinya pelangi. Dan lama munculnya sinar pelangi paling lama satu jam

Proses Terbentuknya Sinar Pelangi ~ Warna pelangi yang bisa ditangkap oleh manusia antara lain; merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.
Proses Terbentuknya Sinar Pelangi

Proses Terbentuknya Sinar Pelangi

Pelangi terbentuk karena adanya pembiasan cahaya matahari yang melewati butiran air di udara. Pembiasan ini terjadi ketika sinar matahari dari medium air yang lebih rapat. Kondisi tersebut menyebabkan sinar matahari dibelokkan mendekati garis normal. Proses tersebutlah yang memberikan efek warna pelangi muncul ke permukaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.