Sejarah Singkat Perangkat Lunak / Software CorelDraw

Sejarah Singkat Perangkat Lunak / Software CorelDraw

Teknologi

Sejarah Singkat Perangkat Lunak / Software CorelDraw – 1987 menjadi titik awal bagi software CorelDraw memperkenalkan dirinya sebagai piranti lunak yang memudahkan desainer grafis digital. Michel Bouillon dan Pat Beirne adalah dua orang yang dipercaya oleh perusahaan CorelDraw untuk mengembangkan software rekayasa berbasis vector.

Pengembang atau CorelDRAW! developers: Michel Bouillon and Pat Beirne
Pengembang atau CorelDRAW! developers: Michel Bouillon and Pat Beirne [internet]
Corel sebagai induk perusahaan CorelDraw sejak awal menginginkan alat olah grafisnya tersebut digabungkan program desktop publishing yang sudah dimiliki lebih dulu. Berbicara perusahaan, Corel sudah berdiri sejak 1985, perusahaan ini memiliki fokus pada pembuatan perangkat lunak komputer. Namun sampai dengan hari ini hanya CorelDraw saja yang dikenal oleh jamak orang termasuk di Indonesia.

Nama pendiri dari Corel adalah pebisnis Michael Cowpland, kantornya berpusat di Kanada. Sampai dengan 2005 perusahaan ini memiliki karyawan kurang dari 500 orang.

Iklan CorelDraw di awal perintisan
Iklan CorelDraw di awal perintisan [internet]

Sejarah Singkat Perangkat Lunak / Software CorelDraw

Tahukah Anda? Kata, “Corel” adalah akronim untuk Cowpland Research Laboratory. Lembaga riset yang mengerjakan serangkaian produk grafis dengan pasar kelas UKM yang sudah melek IT di era 90-an. Waktu itu (1992) bersama dengan Windows 0.3, Corel meluncurkan graphic software CorelDraw versi 3.

Taklama berselang, CorelDraw versi 6 — 32 bits dirilis bareng dengan Windows 1995. Jamak dari desainer grafis digital baik amatir dan profesional terbantu dengan CorelDraw terutama kebutuhan akan clip art. Yang menarik dari katalog gambar yang disediakan oleh CorelDraw — semuanya siap untuk diimpor langsung ke dalam aplikasi.

Pihak-Pihak yang Mengakuisisi Corel

Pada 2003, perusahaan Corel diakuisisi oleh Vector Capital yang setahun kemudian mampu membeli Jasc Software, Inc. – unit perusahaan yang berpusat di Eden Prairie, Minnesota. Didirikan oleh Robert Voit, pencipta Paint Shop Pro, sebuah program pengeditan grafis yang populer — di sinilah awal mula Corel Photo Paint dipergunakan atau satu paket dalam software CorelDraw.

Sehubungan adanya masalah saham, pada April 2006, Vector Capital menarik diri darinya dari keterlibatan mengelola perusahaan Corel. Pembaca … Anda tentu tahu dengan piranti lunak Winzip, bukan? Pada 2 Mei 2006, Corel mengumumkan telah mengakuisisi perangkat lunak WinZip. Di penghujung 2007, perusahaan Corel telah berhasil mempekerjakan sekitar 12.000 orang, termasuk 400 orang di Ottawa.

Firma investasi global terkemuka, bertempat di Ottawa, 03 Juli 2019 KKR telah menyelesaikan persetujuan ambil alih akuisisi dari Vector Capital. Sampai dengan hari ini — Corel di bawah KKR telah memiliki unit-unit perusahaan yang taktergoyahkan, sebut saja; CorelDRAW®, ClearSlide®, MindManager®, Parallels® dan WinZip®.

CorelDraw 2020
CorelDraw 2020 [internet]
Itulah sekilas informasi teknologi tentang Sejarah Singkat Perangkat Lunak / Software CorelDraw. Semoga bisa menambah wawasan literasi Anda, sobat Pragita. Selamat beraktifitas!

Menarik? Sila di-SHARE!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.