Tips Mudah Merawat Tanaman Hias

Tips Mudah Merawat Tanaman Hias

Tips

Tips Mudah Merawat Tanaman Hias — Tanaman hias memang sangat beragam sehingga kita harus menyesuaikan perawatannya berdasarkan jenisnya masing-masing. Maka dari itu, perlu dipahami bahwa tidak semua tanaman hias bisa kita samakan cara merawatnya.

Apabila kita ingin mencoba merawat tanaman hias, maka kita perlu mengetahui dulu apa saja hal-hal yang bisa kita lakukan, misalnya saja seperti penyiraman, pemberian pupuk, intensitas cahaya, dan lain sebagainya. Untuk banyaknya air yang dibutuhkan, setiap tanaman hias memiliki kebutuhan air yang berbeda-beda.

Terdapat tanaman hias yang hanya perlu disiram saat tanahnya benar-benar kering. Akan tetapi ada juga tanaman hias yang perlu disiram setiap hari agar tidak mudah layu. Tentunya, penggunaan air akan selalu dibutuhkan pada setiap tanaman hias. Lantas, seperti apa cara merawat tanaman hias secara tepat? Berikut ulasannya!

1. Memperhatikan kebutuhan cahaya pada tanaman hias

Hal pertama yang perlu kita perhatikan untuk merawat tanaman hias ialah kebutuhan cahaya. Soalnya, kebutuhan cahaya antara tanaman hias indoor dan tanaman hias outdoor memang berbeda-beda. Biasanya, tanaman hias indoor membutuhkan cahaya yang terang serta sinar matahari tidak langsung.

Maka dari itu, tidak heran jika mereka bisa tumbuh subur di rumah. Makanya, apabila sinar matahari menembus jendela rumah secara intens, ada baiknya kita memberikan tirai untuk melindungi tanaman tersebut. Hal ini sangat penting agar cahaya yang terkena tanaman hias sesuai dengan yang dibutuhkan tanaman.

Akan tetapi, semua juga harus tergantung dari jenis tanaman hias yang kita miliki. Tanaman hias jenis sukulen misalnya, walaupun seringkali dijadikan sebagai tanaman indoor namun tetap bisa menerima sinar matahari langsung yang cerah secara intens.

2. Menanam tanaman hias yang kompatibilitasnya baik

Seringkali, kita lupa untuk mengurus tanaman hias apabila kita terlalu disibukkan dengan pekerjaan kita sehari-hari. Nah, apabila kita sering mengalami hal ini, kita disarankan untuk memilih tanaman hias yang memiliki kompatibilitas baik sehingga tanaman hias tetap subur meskipun tidak menerima perawatan yang intens.

Sebagai contoh, tanaman hias sukulen yakni ZZ dapat bertahan walaupun tidak dirawat secara teratur. Hal ini dikarenakan tanaman hias jenis ZZ hanya membutuhkan asupan cahaya yang baik maupun yang cukup terang.

Setelah itu, tanaman hias juga perlu disiram apabila tanahnya sudah kering. Namun, apabila kita memiliki lebih banyak waktu luang, maka kita dapat memilih tanaman hias lain seperti misalnya anggrek ataupun pakis.

3. Mendapatkan asupan air yang cukup

Memang benar, air adalah salah satu elemen penting yang dibutuhkan oleh tanaman. Akan tetapi, kita juga perlu memastikan agar air yang didapatkan tanaman tidak berlebihan. Soalnya, asupan air yang berlebihan akan membuat akar tanaman hias membusuk.

Maka dari itu, kita lebih baik tidak menyiram tanaman secara berkala, melainkan mengecek terlebih dahulu kondisi tanah pada tanaman hias agar memastikan kondisi tanahnya terlebih dahulu. Jika tanahnya sudah kering setidaknya 5 cm dari permukaan, barulah kita bisa memberikannya air.

Pada dasarnya, intensitas penyiraman akan berbeda-beda, tergantung pada musimnya. Apabila sedang musim panas, kita lebih baik menyiram secara lebih intens karena pada kondisi ini, tanah akan lebih cepat kering.

4. Mengecek kelembaban pada tanaman

Hal yang tidak kalah penting dilakukan untuk merawat tanaman hias ialah mengecek kelembabannya. Sebagai contoh, tanaman seperti anggrek dan pakis memiliki tingkat kelembaban yang tinggi serta membutuhkan cahaya secara tidak langsung. Sementara itu, tanaman hias kaktus yang membutuhkan udara kering serta cahaya terang langsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.